Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Waspadai Tanda-Tanda Tumor Payudara

Tumor payudara dapat dideteksi sejak awal dengan melihat tanda-tanda tumor payudara. Untuk wanita atau remaja hendaknya selalu memperhatikan dan peduli terhadap tubuhnya, terutama mengenai kesehatan organ kewanitaannya. Pada umumnya tumor ditandai adanya benjolan didalam tubuh tertentu, dalam hal ini payudara. Untuk itu para wanita perlu memerlukan pemeriksaan rutin terhadap payudaranya apakah terdapat benjolan yang tidak wajar. Sebenarnya apakah dengan mengenali benjolan saja kita dapat mendeteksi adanya tumor dalam tubuh? Berikut ini akan diuraikan dengan lengkap mengenai tanda-tanda tumor payudara.

Tanda-Tanda Tumor Payudara: Tumor Jinak

Terdapat tiga tanda-tanda tumor jinak payudara yang perlu kita ketahui, pertama terdapat benjolan di daerah sekitar ketiak yang terasa nyeri jika disentuh. Benjolan ini dapat berupa benjolan yang kecil sebesar krikil. Kedua tanda-tanda tumor payudara jinak adalah payudara terlihat mengendur dan pada puting keluar cairan. Ketiga, payudara terasa nyeri dan tegang. Rasa nyeri ini dirasakan sampai daerah pinggang. Wanita usia 40 tahun yang belum pernah melahirkan anak beresiko tinggi terkena tumor payudara jinak karena kadar hormon estrogen wanita tersebut tidak akan pernah turun.

Tanda-Tanda Tumor Payudara: Tumor Ganas

Seperti pada gejala tumor payudara jinak, pada tumor payudara ganas gejalanya diawali dengan adanya benjolan kecil pada payudara atau daerah sekitar ketiak. Benjolan ini akan terasa sakit bila disentuh atau anda akan merasa sakit sekitar area benjolan. Tanda yang kedua adalah keluarnya cairan dari puting payudara meskipun anda tidak menyusui. Tetapi waspadai cairan yang dimaksud adalah cairan nanah atau darah. Tanda yang ketiga adalah puting susu seperti tertarik kedalam, dan tanda ini diikuti oleh tanda berikutnya, yaitu kulit payudara yang kisut dan menebal seperti kulit jeruk.

Dari uraian diatas hal yang dapat kita simpulkan adalah secara umum tanda-tanda tumor payudara diindikasikan oleh suatu hal yang tidak normal terjadi pada payudara. Tanda ini dapat berupa payudara yang terdapat benjolan yang sakit bila disentuh, kulit payudara yang terlihat berbeda dalam hal ini menebal dan kisut, puting yang tiba-tiba mengeluarkan cairan ketika tidak sedang dalam masa menyusui. Hal ini menandakan kita, para wanita harus terampil mengenali sinyal tubuh yang tidak normal ini. Untuk mengatasi hal ini para medis menganjurkan melakukan tindakan SADARI, yaitu periksa payudara sendiri rutin setiap bulan untuk mendeteksi awal dari tanda-tanda tumor payudara.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.