Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Waspadai Penyakit Komplikasi dari Asam Urat

Komplikasi dari tingginya kadar asam urat amat beragam. Oleh sebab itu, jangan pernah menganggap enteng asam urat, karena komplikasi yang timbul akibat tingginya kadar asam urat dalam tubuh, antara lain :

1. Batu Ginjal

Asam urat merupakan hasil buangan dari metabolisme tubuh melalui urin.  Seperti telah diketahui, urin diproses di ginjal. Oleh sebab itu, jika kadarnya di dalam darah terlalu tinggi dapat menyebabkan komplikasi dari asam urat seperti batu ginjal. Mengapa demikian?  Karena asam urat yang berlebih akan membentuk menyerupai kristal di dalam darah, dan apabila jumlahnya sangat banyak akan mengakibatkan penumpukan dan pembentukan batu ginjal.

2. Penyakit Radang Sendi 

Tidak semua penyakit radang sendi atau yang sering disebut sebagai gout merupakan komplikasi dari asam urat. Tetapi jika seseorang sering merasakan ngilu pada persendiannya, patut dicurigai bahwa hal tersebut merupakan komplikasi dari asam urat. Radang sendi yang merupakan komplikasi dari asam urat ada yang bersifat primer dan sekunder.  Radang sendi primer ini tidak diketahui secara pasti penyebabnya, diduga radang sendi ini berhubungan dengan faktor bawaan seperti hormon dan genetik yang menyebabkan seseorang memproduksi asam urat lebih tinggi daripada normal.
Sementara itu radang sendi sekunder adalah radang sendi yang disebakan oleh pola konsumsi seseorang.  Hal ini dipicu oleh kebiasaan seseorang mengkonsumsi makanan dengan tingkat purin yang tinggi. Contoh makanan yang memiliki tingkat purin yang tinggi yang dapat menyebabkan komplikasi dari asam urat adalah jeroan seperti babat, limpa, dan lain-lain. Jadi berhati-hatilah jika anda senang mengkonsumsi makanan seperti soto betawi yang bersantan dan penuh dengan makanan dengan purin tinggi karena makanan seperti ini berisiko menyebabkan komplikasi dari asam urat.

Jika dipandang dari tahapannya, gout dapat dibagi menjadi tiga tahap, yaitu artritis gout akut, artritis gout interkritikal dan artritis intermittent. Yang membedakan antara ketiga tahap ini adalah frekuensi kemunculan keluhan radang sendi/artritis gout dan jumlah sendi yang diserang. Pada artritis gout akut seringkali pasien dan bahkan dokter yang mengobati tidak menyadari bahwa pasien menderita penyakit komplikasi dari asam urat karena gejalanya sering kali dapat hilang tanpa pengobatan tertentu. Sementara seorang pasien dapat dikatakan telah menderita artritis gout interkritikal jika dalam periode berkala mengalami keluhan radang sendi pada titik yang sama. Periode dan jangka waktu penyakit ini beragam tergantung pada pasien. Dan jika penyakit ini semakin parah maka seseorang dapat menderita artritis gout intermittent yang terjadi secara terus menerus serta menyerang berbagai sendi dalam tubuh pasien tersebut.

3.  Kerusakan Ginjal (Gagal Ginjal) 

Komplikasi dari asam urat yang lainnya adalah gagal ginjal.  Asam urat dapat diibaratkan sebagai sampah yang berada di dalam darah, sementara ginjal berfungsi sebagai penyaring. Dapat dibayangkan jika jumlah sampah yang ada di dalam darah jauh diatas batas normal, maka hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada penyaring alias menyebabkan ginjal kita rusak dan yang paling fatal dapat menyebabkan gagal ginjal.

 

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.