Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Tips Rambut Sehat

Memiliki rambut lebat, subur, berkilau, terlihat indah dan sehat termasuk salah satu daftar prioritas hampir seluruh wanita di dunia. Untuk mendapatkan “mahkota” yang diimpikan tersebut sebagian orang rela melakukan berbagai hal, bahkan sampai menghabiskan anggaran dana yang tidak sedikit karena harus pergi ke salon untuk melakukan perawatan rutin atau menggunakan produk-produk perawatan rambut dengan harga mahal, yang terkadang malah menimbulkan bahaya bagi rambut mereka.

Sebenarnya ada beberapa Tips Rambut Sehat yang perlu Anda ketahui yang tidak memerlukan pengeluaran berlebih, yang jika dilakukan dengan rutin akan menjadikan rambut Anda senantiasa indah serta sehat alami dan terhindar dari masalah-masalah rambut seperti rambut rontok, kebotakan, rambut berketombe, dan masalah rambut lainnya.

Berikut beberapa Tips Rambut Sehat yang bisa Anda lakukan dalam keseharian Anda untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

  1. Menjaga Kebersihan Rambut
    Untuk menjaga kebersihan rambut adalah dengan mencuci rambut secara rutin. Pilihlah shampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Jika jenis rambut Anda berminyak keramas diperlukan setiap hari untuk menjaga kulit kepala tetap bersih, sehingga Anda terhindar dari masalah ketombe. Pilihlah shampo yang ringan sehingga kelembaban rambut tetap terjaga. Jika diperlukan menggunakan kondisioner, gunakan hanya pada batang rambut Anda. Jika jenis rambut Anda kering, lakukan keramas minimal 2-3 hari sekali, karena terlalu sering keramas akan membuat kulit kepala Anda semakin kering. Gunakan shampo serta kondisioner yang mengandung pelembab alami untuk menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala Anda.
  2. Mengeringkan Rambut dengan Benar
    Hati-hati dengan rambut Anda saat dalam keadaan basah, karena rambut basah cenderung lebih rapuh dan lebih mudah rontok. Keringkan rambut basah dengan cara menepuk atau meremasnya dengan handuk kering perlahan. Jangan menggosok atau menggoyang rambut Anda saat dalam keadaan basah, karena Anda akan melihat banyak rambut Anda yang akan terjatuh karenanya. Perhatikan juga saat merapikan atau menyisir rambut basah Anda. Gunakan sisir bersih bergigi lebar, dan lakukan dari bagian ujung rambut Anda secara perlahan hingga seluruh rambut bisa dirapikan. Usahakan untuk membiarkan rambut Anda untuk mengering dengan sendirinya, tanpa bantuan alat pengering.
  3. Pola Hidup Sehat
    Dengan melakukan pola hidup sehat Anda juga bisa menjaga kesehatan rambut Anda. Hindari strees, tidur cukup, menjaga pola makan teratur dengan asupan gizi seimbang, serta melakukan olah raga secara teratur. Dengan tubuh sehat, aliran darah serta metabolisme tubuh yang lancar maka pertumbuhan rambut yang indah akan tercipta.
  4. Pola Makan Sehat
    Menjaga pola makan sangat penting untuk kesehatan rambut,karena folikel rambut juga memerlukan makanan untuk pertumbuhannya. Asupan protein, zat besi, Vit.A, Vit.C, dan Vit.E sangat diperlukan untuk pertumbuhan folikel rambut. Anda dapat mengkonsumsi telur, tiram, kedelai, sereal, daging sapi, buah-buahan dan sayur-sayuran untuk mencukupi kebutuhan rambut Anda. Air putih yang cukup juga sangat penting untuk kesehatan rambut Anda.
  5. Melakukan Perawatan Rutin
    Berikan perhatian pada rambut Anda dengan melakukan perawatan rutin mingguan. Salah satunya dengan memberikan pijatan lembut pada kulit kepala Anda dengan menggunakan minyak zaitun yang sudah dihangatkan. Lakukan kurang lebih 10-15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Cara ini bagus untuk mendorong pertumbuhan dan kesehatan folikel atau batang rambut. Menggunakan masker dari campuran telur dan perasan jeruk nipis juga salah satu alternatif untuk membuat rambut lebih kuat dan berkilau serta mudah diatur. Coba juga masker dari 2 kombinasi bahan-bahan alami lainnya seperti madu, alpukat, minyak dari kemiri yang disangrai dan ditumbuk, perasan santan, dan juga teh hijau.
  6. Lindungi Rambut dari Suhu Panas
    Hindari penggunaan alat-alat kecantikan rambut yang berlebihan. Karena suhu panas yang dihasilkan dari alat-alat kecantikan rambut tersebut bisa mengakibatkan rambut kita menjadi kering dan rapuh.
  7. Lindungi Rambut dari Sinar Matahari
    Hindari paparan sinar matahari langsung. Jika harus berada dibawah terik matahari langsung sebaiknya gunakan pelindung seperti topi atau payung untuk melindungi kepala dan rambut Anda. Minum lebih banyak air putih untuk menghindari dehidrasi yang membuat rambut menjadi kering dan mudah patah.
  8. Lindungi Rambut dari Klorin
    Saat berenang kadangkala kita meremehkan efek air kolam renang bagi rambut kita. Air kolam renang biasanya mengandung klorin yang akan membuat rambut kering dan rapuh. Sebelum berenang sebaiknya basahi terlebih dahulu rambut Anda, lalu tutup menggunakan penutup kepala, dan setelah selesai berenang segera cuci rambut dengan shampo dan gunakan kondisioner.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.