Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Tips Penting Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi Bayi

Walaupun bayi hanya memiliki gigi tidak permanen atau sering disebut gigi susu, kesehatan gigi dan mulut bayi juga perlu dijaga. Jika kesehatan gigi dan mulut bayi tidak diperhatikan sejak dini, gigi susu menjadi tidak sehat, menghitam, keropos, dan bisa jadi lepas sebelum waktunya. Apabila hal ini terjadi, maka dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan gigi tetap atau gigi permanen. Berikut ini adalah tips penting menjaga kesehatan mulut dan gigi bayi.

Gigi bayi sebenarnya telah terbentuk sejak bayi masih dalam kandungan, yaitu pada trimester kedua kehamilan. Saat bayi dilahirkan, bayi umumnya memiliki 20 gigi primer di dalam rahangnya, yang tumbuh keluar antara usia 6 bulan hingga 3 tahun. Salah satu tips penting menjaga kesehatan mulut dan gigi bayi adalah dengan membawa bayi ke dokter gigi anak (pediatric dentist) sejak usia satu tahun. Dokter gigi akan mengajarkan cara membersihkan gigi dengan baik dan benar, serta memeriksa kondisi kesehatan mulut. Jika ada potensi terjadi kerusakan pada gigi (misalnya gigi berlubang atau membusuk), hal ini dapat diketahui sejak dini, sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan.

Dalam menjaga kesehatan mulut bayi yang belum memiliki gigi, Anda bisa membersihkan gusi bayi menggunakan lap yang lembab dengan sentuhan lembut. Hal ini merupakan upaya untuk mengurangi bakteri perusak yang mungkin menempel pada gusi. Ketika bayi mulai memiliki gigi, Anda bisa memperkenalkan bayi pada sikat gigi. Gunakan sikat gigi khusus untuk anak, yang memiliki bulu sikat yang lembut. Untuk membersihkan gigi anak dengan sikat, gunakan gerakan melingkar lembut pada satu atau dua gigi sekaligus. Gantilah sikat gigi setiap 3 bulan sekali, karena bulu-bulu sikat yang sudah tua tidak dapat membersihkan dengan efektif.

Tips penting menjaga kesehatan mulut dan gigi bayi yang perlu diingat juga adalah jangan menghisap botol susu secara terus menerus sepanjang hari, atau membiarkan bayi tidur dengan botol susu terpasang di mulutnya. Hal ini bisa menyebabkan gula yang terkandung dalam susu menempel pada gigi, dan menyebabkan kerusakan pada enamel gigi. Jika dibiarkan, lama kelamaan bisa timbul lubang pada gigi, dan jika semakin parah gigi bisa terpaksa dicabut.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.