Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Tips Olah Raga Disaat Berpuasa

 

Olah Raga Disaat Berpuasa. Berpuasa mengharuskan kita untuk tidak makan dan minum paling tidak 13 – 14 jam. Namun, meski perut kita tidak dimasuki makanan ataupun minuman, hal itu tidak boleh kita gunakan sebagai alasan untuk bermalas – malasan. Sebaliknya, dengan berpuasa kita hendaknya tetap ceria dan aktif. Kuncinya adalah dengan menjaga agar stamina terus fit agar puasa berjalan dengan lancar dan kita tetap bisa ceria dan penuh semangat.

Olah Raga Disaat Puasa – Berolahraga Saat Berpuasa tetaplah Penting Untuk Dilakukan

Menjaga kebugaran atau stamina saat berpuasa hendaknya tetap dilakukan agar kita tetap bisa beraktifitas dengan lancar. Stamina yang prima dapat kita dapatkan dengan menjaga asupan gizi yang seimbang namun tanpa jumlah yang berlebihan. Ya, sebagian orang berpikir bahwa dengan makan banyak pada saat sahur akan membuat stamina terjaga, padahal hal itu adalah pemikiran yang keliru. Stamina tidak didapatkan dari berapa banyak makanan yang masuk ke tubuh saat sahur, namun berapa perimbangan gizi yang masuk. Selain itu, hendaknya kita juga tetap berolah raga. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena dengan berolahraga kita tetap dapat mempertahankan kelenturan dan kekuatan otot. Selain itu, berolahraga di saat puasa juga akan berguna untuk mempertahankan kepadatan tulang, melatih pernafasan, memaksimalkan metabolism tubuh mengeluarkan racun yang masuk ke dalam tubuh melalui keringat serta yang paling utama adalah membakar kalori dan lemak sehingga kita akan terhindar dari resiko kegemukan. Selain itu, olah raga saat berpuasa juga akan membantu merilekskan pikiran sehingga kita akan dapat terhindar dari pikiran – pikiran negative yang dapat mengurangi pahala.

Karena saat berpuasa kita tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman yang cukup, maka hendaknya kita mengatur waktu berolahraga agar tidak terlalu memberatkan. Dengan mengatur waktu, maka olahraga yang dilakukan akan tetap memberikan manfaat tanpa mengurangi pahala yang ada. Bobot dan jenis olahraga yang dilakukan pun hendaknya juga diatur sedemikian rupa agar tubuh kita yang “kosong” tidak menerima beban terlalu berat.
Waktu terbaik untuk melakukan olah raga disaat berpuasa adalah pada sore hari. Olah raga yang dipilih pun hendaknya yang ringan – ringan saja, misalnya jalan santai, bersepeda atau memilih olah raga permainan seperti futsal, badminton dsb. Apabila terpaksa melakukan olahraga di pagi atau siang hari, maka sebaiknya beban latihan yang dipilih jangan terlalu berat karena apabila keringat keluar terlalu banyak, maka resiko kehausan akan dengan mudah dating. Memilih untuk berolahraga di malam hari juga bisa dilakukan.

Jenis Olah Raga Disaat Berpuasa

Ada beberapa pilihan olah raga yang dapat dipilih ketika sedang menjalankan puasa, sebagai contoh;

  1. Olah raga di dalam ruangan (badminton, futsal, latihan di pusat kebugaran, dsb)
    Olah raga di dalam ruangan tidak terlalu memboroskan energy, namun hendaknya porsinya tetap dikurangi.
  2. Bersepeda
    Bersepeda 20-30 menit sudah cukup untuk dilakukan ketika kita berpuasa. bersepeda 20-30 menit sudah cukup untuk membakar hingga 205 kalori.
  3. Jalan santai
    Dengan berjalan – jalan santai selama 30 menit, berarti kita telah membakar kurang lebih 111 kalori.
  4. Yoga
    Gerakan yoga dapat membakar kalori hingga 84 kalori. Namun, tidak perlu melakukan latihan yang terlalu berat agar tidak mengganggu puasa.

Dengan tips di atas, olah raga disaat puasa tetap bisa dilakukan.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.