Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Tips Menu Makanan Seminggu Bagi Penderita Asam Urat

Tips menu makanan seminggu bagi penderita asam urat bisa jadi adalah semua yang dibutuhkan jika  tidak ingin kondisi semakin memburuk dikarenakan salah pilih makanan dan ketidakmampuan dalam menjaga pola makan. Salah pilih makanan kerap kali menyebabkan beberapa gejala yang amat sangat tidak menyenangkan, diantaranya pembengkakan, rasa nyeri saat menggerakkan jari, ruam merah di kulit hingga rasa ngilu di persendian tangan, kaki dan lutut.

Menu makanan yang disajikan sebenarnya tergantung dari selera masing-masing orang. Yang harus diperhatikan adalah bahwa dalam sehari jumlah zat yang dikonsumsi harus sesuai dengan anjuran yang telah diberikan dan dalam sehari menu harus terdiri dari berbagai jenis makanan yang mengandung zat yang dibutuhkan tubuh secara keseluruhan. Penderita boleh saja mencoba terapi jus, namun harap diingat bahwa tubuh juga membutuhkan zat-zat lain yang tidak bisa didapat hanya dengan meminum jus.
Lebih jauh tentang menu yang baik intuk penderita asam urat, pentingnya mengingat kondisi tubuh sebab kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda dan tingkat keparahan asam urat pun tidak sama. Yang paling harus dihindari adalah alkohol dan makan-makanan lain yang difermentasi. Bahan-bahan makanan tersebut sangat berpotensi meningkatkan asam urat dengan sangat cepat dan bahkan bisa menimbulkan kristalisasi di engsel-engsel tubuh.

 

Ikan

Jika memasukkan menu yang berhubungan dengan ikan, maka ada tips menu makanan seminggu bagi penderita asam urat yang wajib diketahui. penderita boleh mengkonsumsi ikan apa saja selama ikan tersebut punya kadar purin yang tidak berlebihan. Untuk jenis ikan yang wajib dihindari, ada beberapa nama yang patut untuk diwaspadai, seperti ikan teri, herring, makarel dan salmon. Hati dan otak sapi juga sebaiknya dihindari. Jika penderita merupakan penggemar jeroan dan ayam kalkun, berpikirlah dua kali jika akan mengkonsumsi makanan tersebut, sebab kandungan purinnya cukup tinggi.

 

Cuka Apel

Ketika menyusun menu untuk penderita asam urat, cuka apel sebaiknya dimasukkan ke dalam daftar. Ini adalah alternatif yang cukup baik untuk menstabilkan kadar asam urat di dalam darah. Setelah makan, penderita asam urat dianjurkan mengkonsumsi segelas air yang telah dicampur dengan satu sendok teh cuka apel. Konsumsi cuka apel ini sebaiknya tidak lebih dari dua kali sehari ditambah dengan konsumsi buah cherry.

Menu dalam sehari harus mengandung unsur daging, buah, sayuran dan air. Dalam hal ini, air tidak selalu berarti air putih atau air mineral, melainkan bisa diganti dengan jus berbagai macam buah yang mengandung sedikit purin. Dua macam buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi dalam bentuk apapun adalah durian dan alpukat. Buah-buahan tersebut mengandung zat-zat yang dapat memicu naiknya kadar asam urat dalam darah dan hal ini tentu menjadi pantangan utama bagi penderita asam urat.

Jika ada beberapa makanan yang pengolahannya dengan cara digoreng, ada baiknya mulai mempertimbangkan untuk menggantinya dengan mengukus makanan tersebut. Minyak, mentega dan margarin mengandung banyak lemak yang dapat menghalangi pelepasan asam urat berlebih dari dalam tubuh berupa urin dan keringat. Sekarang, saatnya mulai mencoba tips menu makanan seminggu bagi penderita asam urat ini.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.