Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan indera penglihatan yang dibutuhkan untuk beraktivitas, sekaligus merupakan salah satu organ tubuh yang paling sensitif. Mata juga dapat menjadi cerminan dari kesehatan seseorang, baik kesehatan fisik dan kesehatan mental. Berikut ini akan disajikan tips penting bagi Anda agar tetap bisa merawat mata dengan baik, supaya mata Anda bisa berfungsi dengan baik. Sudah tidak sabar dengan tipsnya? Nah, silakan disimak tips menjaga kesehatan mata.

Usahakan untuk melakukan pemeriksaan mata secara teratur, minimum 1 tahun sekali. Pemerikasaan ini sangat penting karena kerapkali penyakit mata tidak diketahui gejalanya sejak awal. Pemeriksaan bukan hanya membantu merawat mata tapi juga mencegah penyakit mata yang mungkin akan datang. Apabila ditemukan masalah pada penglihatan, sebaiknya segera ditangani. Masalah penglihatan yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi semakin parah. Hindari menggunakan kacamata atau lensa kontak yang refraksinya sudah tidak cocok karena dapat menyebabkan masalah penglihatan yang disertai sakit kepala.

Lindungi mata dari sinar ultraviolet berlebihan, sebab sinar ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata. Kenakan kacamata hitam yang bisa memantulkan sekurangnya 98% radiasi ultraviolet. Kacamata hitam bukan hanya bisa menghindari kerusakan pada mata, namun juga membuat mata Anda bisa melihat suasana dengan lebih nyaman karena teduh yang dipantulkan dari warna hitamnya ketika terik.

Bekerja di tempat yang remang akan menyebabkan mata cepat lelah, tapi cahaya yang terlalu terang juga kurang baik. Apabila Anda sering bekerja di depan komputer, atur tingkat keterangan monitor agar tidak terlalu terang, sehingga mata akan lebih nyaman. Untuk mengurangi radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter monitor. Istirahatkan mata Anda selama beberapa menit setelah melihat monitor selama 30 menit, agar mata tetap nyaman.

Tips menjaga kesehatan mata juga termasuk saran agar Anda sering mencuci tangan, sehingga jika Anda tidak sengaja menyentuh mata dengan tangan, akan memperkecil risiko berpindahnya kuman atau kotoran dari tangan ke mata. Usahakan jangan mengucek/menyentuh mata, walaupun hanya sebentar. Jika mata gatal karena kelilipan, pejamkan mata, tahan sebentar sampai air mata keluar. Air mata akan membawa debu atau benda kecil yang masuk tadi keluar dengan sendirinya.

Sakit mata merupakan penyakit yang cepat menular, dan biasanya menular melalui kontak fisik. Hindari berinteraksi dengan orang yang sakit mata. Jika bersalaman dengan orang sakit mata, segera mencuci tangan sebelum melakukan aktivitas lainnya.

Tips menjaga kesehatan mata juga termasuk mengontrol asupan nutrisi untuk mata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin A dan antioksida dapat mencegah atau memperlambat penurunan ketajaman mata dan pertumbuhan katarak, serta mempercepat regenerasi sel-sel mata. Nah, selamat menjaga kesehatan mata Anda!

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.