Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Tips Melindungi Kulit Dari Pengaruh Buruk Sinar Matahari

Matahari adalah salah satu tata surya yang sangat dibutuhkan untuk berlangsungnya kehidupan di muka bumi. Baik tumbuhan, binatang, bahkan kita sebagai manusia memerlukan panas matahari untuk bertahan hidup. Namun paparan sinar matahari tidaklah selalu baik bagi manusia. Matahari juga mempunyai sinar yang berdampak negative bagi kesehatan kulit manusia, yang disebut sinar ultraviolet atau sering disebut sinar UV. Tips melindungi kulit dari pengaruh buruk matahari akan membantu Anda menjaga kulit tetap terjaga dari pengaruh buruk matahari.

Jika kulit manusia terkena paparan sinar UV secara langsung maka akan dapat mengakibatkan dampak buruk seperti:

  1. Kulit menjadi kemerahan karena terbakar,
  2. Muncul noda-noda bintik hitam atau flek pada wajah,
  3. Kelembabab kulit akan berkurang dan mengakibatkan kulit menjadi kering,
  4. Muncul keriput dan kulit menjadi kendor,
  5. Dan yang paling membahayakan adalah sinar UV dapat menjadi penyebab rusaknya kekebalan tubuh manusia dan merubah struktur DNA dalam tubuh manusia, atau dengan kata lain sinar UV dapat menjadi penyebab kanker kulit.

Apakah hal tersebut dapat kita hindarkan? Tentu saja,namun beberapa fakta menunjukkan bahwa upaya yang biasa kita lakukan untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari belumlah efektif karena upaya-upaya seperti menggunakan pakaian tertutup, mengenakan payung, berteduh di bawah pohon belumlah dapat menghambat 100% sinar UV untuk masuk ke kulit kita.

Beberapa fakta mengenai upaya yang biasa dilakukan untuk melindungi kulit dari pengaruh sinar matahari:

  1. Menggunakan pakaian tertutup
    Sebelum keluar rumah di hari yang panas di siang hari seringkali kita mempersiapkan diri dengan menggunakan pakaian tertutup yang serba panjang. Dengan harapan terlindung dari paparan panas sinar matahari. Namun ternyata kain dari baju yang kita kenakan masih dapat menyerap 60% sinar UV hingga akhirnya menghantarkan sinar UV masuk ke kulit kita.
  2. Menggunakan payung
    Payung selain dapat melindungi kita dari hujan, dipercaya juga dapat melindungi kita dari panasnya sengatan sinar matahari. Namun ternyata berlindung di bawah payung di saat terik panas matahari tidaklah cukup menghindarkan kita dari bahaya sinar UV. Pasir atau tanah yang kita injak ternyata mampu memantulkan sampai dengan 25% sinar UV masuk ke kulit melalui bagian bawah yang tidak terlindung oleh payung. Sedangkan jalan aspal atau trotoar mampu memantulkan sinar UV hingga 45%.
  3. Berteduh di bawah pohon
    Ketika berjalan-jalan di taman dan matahari terasa semakin terik biasanya kita mencari pepohonan yang cukup rindang untuk berteduh. Dengan harapan bahwa tubuh serta kulit juga akan terlindung dari paparan sinar matahari. Namun ternyata, rerumputan yang kita injak mampu memantulkan dan menghantarkan sinar UV hingga bisa masuk ke kulit kita.
  4. Menyelam di bawah air
    Ketika cuaca panas sangatlah menyegarkan jika kita berenang seharian agar terhindar dari pengaruh panas cuaca. Namun berenang di udara terbuka saat matahari sedang terik ternyata juga membahayakan kulit kita karena sinar UV mampu menembus kedalam air hingga kedalaman 9 meter, dan air juga mampu memantulkan sinar UV ke kulit kita hingga 3%.

Tips melindungi tubuh dari pengaruh buruk sinar matahari yang paling tepat adalah dengan menggunakan cream atau lotion tabir surya. Gunakan keseluruh tubuh sebelum melakukan aktifitas di luar ruangan yang terkena panas matahari. Dan untuk melengkapi melindungi tubuh dari pengaruh buruk sinar matahari adalah dengan memadukan cara-cara di atas dengan tetap menggunakan lotion tabir surya.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.