Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Tanda – Tanda Menopause

Menopause merupakan salah satu siklus alam yang harus dialami oleh wanita manapun, walau begitu menopause tetap menjadi sebuah ketakutan tersendiri bagi wanita karena pada masa itu mereka merasa menjadi lebih tidak sehat seiring dengan berbagai keluhan yang dirasakannya. Beberapa wanita yang memasuki menopause kerapkali mengalami perubahan yang signifikan dalam tubuhnya bahkan ada yang kemudian menjadi lebih sakit-sakitan. Menopause menjadi salah satu saat dimana wanita merasa tidak energik dan cantik bahkan ada juga yang merasa takut kehilangan pasangan hidup saat memasuki menopause karena dianggap tidak bisa lagi memuaskan suami dalam hal hubungan intim. Benarkah demikian? Mari kita lihat tanda-tanda menopause berikut ini.

Menopause merupakan fase ketika wanita berhenti bereproduksi karena usia dan penurunan hormon estrogen. Hormon estrogen amat berperan dalam tubuh wanita sehingga saat hormon estrogen mulai menurun, akan banyak perubahan pada tubuh wanita yang menjadi tanda-tanda menopause.

Tanda-tanda menopause pada tiap wanita bisa berbeda, namun berikut adalah beberapa yang umum dialami. Tanda menopause yang paling kentara adalah menstruasi yang berhenti. Menstruasi yang berhenti ini biasanya diawali dengan gejala menstruasi yang tidak teratur datangnya dan dengan jumlah yang terkadang lebih sedikit atau bahkan lebih banyak dari biasanya. Selain itu, organ intim menjadi mengering dan kekurangan cairan. Hal ini menyebabkan elastisitas pada organ intim berkurang yang akan berdampak wanita akan merasa kesakitan bila melakukan hubungan intim. Di samping itu, wanita pada masa menopause sebenarnya juga mengalami penurunan gairah seks.

Estrogen yang mulai menurun juga membuat kadar kolesterol jahat dalam tubuh meningkat. Keberadaan estrogen mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Namun saat estrogen mulai menurun, kadar kolesterol mulai meningkat. Hal ini dapat memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya, salah satunya adalah serangan jantung dan hiperkolesterol.

Hormon estrogen berperan penting dalam pembentukan jaringan tulang dalam tubuh. Saat hormon estrogen mulai berkurang, akan terjadi pengurangan jaringan tulang yang pada akhirnya memicu terjadinya osteoporosis pada wanita menopause. Maka tidak heran bahwa osteoporosis lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan pada pria. Selain itu osteoporosis pada wanita pun lebih cepat terjadi karena fase menopause ini, sedangkan pria biasanya mengalami osteoporosis pada usia di atas 70 tahun.

Kesuburan pada wanita menopause juga berkurang karena ovulasi sudah berhenti sehingga kemungkinan untuk bertemunya sel telur dan sperma sangat kecil.

Tanda-tanda menopause lainnya yang juga dapat terlihat jelas adalah terjadinya pengerutan. Hormon estrogen juga amat penting dalam kulit wanita. Saat estrogen menurun dan menghilang, akan terjadi pengerutan. Wanita menopause akan menjumpai kulitnya kehilangan elastisitas, kering, berkerut, dan lebih tipis.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.