Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Tanaman Penyerap Polusi Udara

Betapa banyak dari kita yang sebenarnya peduli dan mengusahakan udara yang bersih. Buktinya alat-alat dan produk pembersih udara semakin laris dan semakin membanjiri pasaran. Biarpun sedikit mahal, kita rela membeli AC yang anti virus dan anti bakteri, katanya. Lalu saat ditawari aromaterapi yang mampu menambah kadar O2 (oksigen) dalam rumah, kita berpikir keras bagaimana cara merayu suami supaya ikut tertarik dan mau membeli aromaterapi yang pakai tarif dolar itu!

Ketahuan kan, kita semua suka sehat. Dan, kita juga udah berusaha sedaya upaya. Namun ternyata…. banyak dari kita yang belum nyadar betul bahwa di dalam rumah berseliweran racun (benzene, trichloroethylene dan formaldehida) yang bisa mengakibatkan asma, alergi bahkan kanker, dan bahwa racun-racun berupa gas berbahaya itu BISA! diserap oleh tanaman.

Ada berbagai tanaman hias yang bisa membuat udara rumah bersih, murni dan seimbang. Banyak lho yang tumbuh di Indonesia.

1.Spider Plant (Chlorophytum comosum)

 Spider plant bagus untuk menghilangkan gas beracun dan polutan lain, seperti formalin dan xylene. Tanaman ini tumbuh dengan cepat. Guna memaksimalkan efek yang baik, tanaman ini sebaiknya diletakkan di dapur, di dekat perapian atau di tempat-tempat di mana karbonmonoksida terakumulasi.

2. Pakis Boston (Nephrolepsis exaltata bostoniensis)

Pakis Boston tumbuh baik di tempat berkondisi lembab. Dengan melepaskan kelembaban ke udara, mereka menghapus polusi udara jahat seperti benzena, formaldehida dan xilena. Pakis Boston bertindak sebagai humidifier alami. Penampilan tanaman eksotis ini anggun dengan daun melengkung dan berjumbai.

3. Pohon Dadap Merah

Burung-burung suka sekali menyantap buah dadap merah. Di Indonesia kita banyak menemui pohon ini di pinggir jalan raya ataupun perumahan.

 4. English Ivy (Hedera helix)

Daun English Ivy beracun, namun tanaman ini memiliki kemampuan luar biasa untuk menghilangkan benzena, formaldehida serta berbagai bahan kimia beracun yang dikeluarkan oleh bahan sintetis. Sehingga English Ivy adalah houseplant yang sangat populer dan paling cocok bagi penderita asma dan alergi. Mudah tumbuh di bawah sinar matahari cerah,

5. Areca Palm (Chrysalidocarpus lutescens)

Tanaman yang sangat sensitif ini membantu mengeluarkan racun mematikan, seperti formalin dan xilena. Meskipun tanaman ini tumbuh lambat dan membutuhkan perawatan sepanjang tahun, namun tanaman ini dapat disimpan di mana saja, terutama di sebelah furnitur yang baru dipernis atau di ruangan berkarpet.

6. Golden Pothos (Epipremnum aureum)

Tanaman ini sangat efisien untuk menghilangkan polutan dalam ruangan seperti formaldehida, benzena dan xilena. Tapi berhati-hatilah, karena tanaman ini beracun bagi anjing, kucing, bahkan anak-anak.
Maka ia dikenal sebagai Devil’s Ivy atau Silver Vine. Golden Pothos adalah tanaman yang sangat invasif. Berdaun hijau dengan batangnya yang progresif, tanaman ini dapat merambati daerah sekitarnya.

7. Aloe Vera (Aloe barbadensis)

Aloe Vera kita kenal sebagai Lidah Buaya. Ternyata selain berguna untuk mendinginkan kulit yang meradang, tanaman ini juga mampu menyaring emisi gas dari bahan berbahaya beracun.

8. Bungur dan Mahoni

Sering menemui pohon ini di jalanan kota besar yang padat kendaraan? Tentu saja, karena pohon ini dikenal dengan manfaatnya yang dapat menyerap polutan udara seperti timbal. Timbal bisa dikeluarkan dari gas buang kendaraan bermotor. Bila terserap oleh tubuh, tubuh tidak mampu mengurainya, sehingga berpotensi menimbulkan penyakit.

9. Chinese Evergreen (modestum aglaonema)

Chinese evergreen sering disebut tanaman herbal abadi. Tanaman ini akan tumbuh lebih baik lagi dengan sedikit air dan cahaya minimum. Tanaman ini merupakan pembersih udara yang sangat baik, dapat menyaring racun udara seperti benzena dan formaldehida .

10. Snake Plant (Sansevieria trifasciata)

Ilmuwan menemukan bukti bahwa tanaman ini memiliki kemampuan luar biasa untuk menyerap formaldehida, nitrogen oksida dan berbagai bahan kimia lain yang hadir di udara. Satu tanaman dewasa berdaun 4/5 helai dapat menyegarkan kembali udara dalam ruangan seluas 20 m persegi.
Tanaman ini mampu menyerap 107 jenis racun termasuk polusi udara.

11. Marginata (Dracaena marginata)

Tanaman yang berdaun tipis berkilau dengan tepian merah ini sangat memukau. Tidak hanya menghilangkan formalin dan benzene dari udara, tanaman ini juga mampu menyaring racun lain yang hadir di udara. Namun, pikirkanlah dahulu sebelum meletakkan tanaman ini di dalam rumah karena bisa menjadi racun bagi anjing peliharaan anda.

12. Lumut

Lumut bermanfaat mendeteksi tingkat polusi di suatu daerah. Apabila di suatu tempat kita menjumpai banyak sekali tumbuh lumut, maka semakin baiklah kualitas udara di tempat itu.

13. Tanaman Sirih Belanda

Tanamlah di sekitar halaman rumah, baik di tanah maupun pot, sehingga rumah Anda akan terasa lebih segar. Karena sirih Belanda mampu menyerap formaldehida serta benzene..

14. Kembang Sepatu

Kembang sepatu mampu menyerap nitrogen sehingga membuat paru-paru kita menjadi bersih. Tetapi tanaman ini bisa meneruskan radiasi, sehingga sangat berbahaya apabila ditanam berdekatan dengan ruang radiografi.

15. Pohon Trembesi

Yang ini sangat danjurkan ditanam sebagai pohon penghijauan karena kemampuannya  menyerap karbondioksida dalam skala yang besar. Karena kemampuan itu pula biasanya ditanam pada lahan yang luas.

16. Peace Lily (Spathiphyllum)

Peace Lily Membantu menghilangkan benzena dan formaldehida, dan dikenal mampu mengurangi racun dalam ruangan yang dapat menyebabkan kanker. Peace Lily sangat bagus dalam membersihkan udara.

 

Begitu besarnya manfaat tanaman dalam mengurangi polutan berbahaya di sekitar kita. Tak perlu diragukan lagi, saat ini juga, marilah kita makin peduli dengan menambahkan tanaman penyerap polusi di sekitar rumah kita.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.