Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Tahap Perkembangan Kehamilan Trimester Pertama

Pembentukan Otak dan Organ Tubuh Lain

Tahap Perkembangan Kehamilan Trimester Pertama adalah pembentukan otak dan organ tubuh lain dari bayi. Oleh sebab itu, pada Tahap ini, ibu hamil harus benar- benar memperhatikan kondisi kehamilannya karena ini merupakan tahap yang sangat rawan. Seringkali, karena baru pertama kali hamil, sang ibu kurang begitu tahu tentang apa yang harus dilakukan. Biasanya, sang ibu tidak nafsu makan dan sering muntah- muntah. Padahal, biar bagaimanapun, tetap harus ada asupan makanan ke dalam tubuh ibu karena pada Tahap tersebut bisa dibilang sebagai tahap “golden age” bila di usia balita. Setelah perkembangan dan pembentukan otak, si ibu bayi tak lagi memiliki kesempatan untuk memberikan nutrisi yang terbaik karena tahap pembentukan otak sudah terlewat.

Perubahan Fisik dan Psikis Ibu

Pada tahap ini, perubahan tidak hanya terjadi pada bayi, namun juga pada ibu. Secara fisik, ibu akan mengalami kenaikan berat badan. Namun demikian bukan berarti ibu bayi tidak bisa mengatur berat badannya. Bagaimanapun juga harus diusahakan agar perubahan fisik pada ibu bayi tersebut tak terlalu drastis.
Selain perubahan pada bentuk fisik, ibu hamil juga mengalami perubahan pada psikisnya. Mudah marah, sensitif, emosi, dll adalah beberapa hal yang wajar dialami oleh ibu hamil karena adanya perubahan hormonal di dalam tubuhnya.

Apa yang Harus Dilakukan Ibu?

Ibu harus mengerti apa saja makanan yang akan dimakan dan tidak boleh dimakan. Semua demi bayi. Kedua, ibu harus sering kontrol ke dokter dan tidak boleh bersikap masa bodoh. Ketiga, kondisi psikis ibu harus dijaga karena bisa mempengaruhi kondisi bayi.

Selain melakukan hal- hal di atas, ada baiknya bila ibu juga mengikuti senam ibu hamil. Gerakan- gerakannya disesuaikan dengan kondisi fisiknya. Untuk senam ini, ibu hamil akan lebih baik bila melalui konsultasi dengan dokter agar bisa mengetahui mana yang terbaik.

Tahap Perkembangan Kehamilan Trimester Pertama adalah pintu gerbang untuk menuju trimester kedua dan ketiga. Itu sebabnya, sang ibu harus benar- benar peduli akan kehamilannya. Trimester pertama yang sukses akan membawa kesuksesan pada trimester berikutnya.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.

About Dini Shanti

Senengnya kerja di rumah, untungnya tetep bisa menghasilkan walau di rumah saja...