Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Sinusitis dan Pengobatannya

Sinusitis adalah salah satu penyakit gangguan pernafasan akibat peradangan pada jaringan yang melapisi sinus paranasal yang terletak pada rongga hidung. Ada empat sinus yang terletak pada rongga hidung yaitu sinus maksilaris yang terletak pada pipi, sinus etmoidalis yang terletak di kedua mata, sinus frontalis yang terletak di dahi dan sinus sfenoidalis yang terletak pada dahi.

Sinus berisi udara dan saat sinus tersumbat cairan yang terkontaminasi oleh kuman, entah itu virus, jamur atau bakteri. Kuman tersebut akan berkembang biak di dalam rongga hidung dan menyebabkan infeksi. Kenali sinusitis dan pengobatannya, dengan mengetahui penyakitnya secara dini maka pengobatan akan dapat segera dilakukan.

Sinusitis dan PengobatannyaSinusitis terbagi dalam beberapa jenis yaitu sinusitis, sinusitis subakut, sinusitis kronis dan sinusitis berulang. Gejala yang ditimbulkan dari jenis-jenis sinusitis di atas kurang lebih sama, hanya terletak pada masa berlangsungnya sinusitis terjadi. Pada sinusitis akut, penderita akan mengalami gejala seperti pilek, hidung tersumbat dan nyeri pada wajah yang tidak kunjung hilang antara 10 hingga 14 hari. Sinusitis akut umumnya akan berlangsung kurang lebih 4 minggu.

Untuk sinusitis subakut gejala yang timbul berlangsung antara 4 – 8 minggu. Sedangkan gejala yang timbul pada sinusitis kronis berlangsung sampai 8 minggu lebih dan untuk sinusitis berulang gejala yang terjadi akan berulang beberapa kali dalam setahun. Secara umum gejala penyakit sinusitis, penderita akan merasakan nafasnya bau, sakit kepala, nyeri pada bagian dahi, pipi, hidung dan diantara kedua mata, hidung berair dengan cairan berwarna hijau pekat, berkurangnya daya penciuman dan pengecap, demam dan batuk pada malam hari.

Informasi tentang sinus dan pengobatannya sangat penting mengingat sinus bisa menyerang anak-anak dan orang dewasa. Lalu bagaimana cara pengobatannya? Pengobatan sinusitis juga disesuaikan dari hasil pemeriksaan dan dari mana penyebab sinus. Misalnya sinusitis karena virus, pengobatannya akan berbeda dengan sinusitis yang disebabkan karena bakteri.

Antibiotik tidak perlu diberikan pada penderita sinus yang disebabkan oleh virus, dokter biasanya akan memberikan obat pereda rasa nyeri seperti dekongestan dan parasetamol. Sinusitis yang disebabkan oleh bakteri harus diberikan antibiotik. Jenis antibiotik juga harus disesuaikan dengan jenis bakteri penyebab sinus. Pengobatan sinusitis juga bisa dilakukan di rumah lho. Misalnya, tetap tinggal di rumah, usahakan jangan sering membungkuk karena akan menambah rasa sakit. Jika wajah terasa nyeri, kompreslah dengan air hangat karena air hangat sangat membantu meredakan rasa nyeri. Demikianlah gejala sinus dan pengobatannya, semoga bermanfaat.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.