Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Senam Penderita Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang umum diderita oleh mereka yang sudah berumur. Penyakit ini terjadi akibat adanya peningkatan kadar asam urat dalam darah. Peningkatan asam urat ini kemudian menyebabkan penumpukan asam urat dalam tubuh. Yang pada akhirnya membentuk kristal garam pada persendian tubuh sehingga akhirnya menyebabkan peradangan sendi.

 Peradangan sendi yang terjadi berupa pembengkakan yang disertai nyeri pada bagian-bagian tubuh seperti lutut, jari kaki, siku, pergelangan kaki dan juga pergelangan tangan.  Nyeri yang muncul umumnya terjadi secara tiba-tiba. Oleh karena itu, pada umumnya penderita asam urat sulit untuk melakukan gerakan-gerakan yang terlalu energik, seperti berolahraga atau begerak terlalu cepat.

 Lalu, olahraga seperti apakah yang cocok untuk penderita asam urat? Mengingat olahraga adalah salah satu cara penting untuk tetap hidup sehat. Apalagi, penyakit asam urat sendiri dapat disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak tinggi sehingga diperlukan aktivitas yang dapat membantu proses pembakaran lemak. Namun, bila gerakan yang terlalu energik dapat menimbulkan rasa nyeri pada penderita asam urat, maka olehraga seperti apa yang dapat dilakukan?

 Jawabannya tentu saja adalah dengan senam. Senam penderita asam urat merupakan aktivitas yang dapat dilakukan oleh penderita asam urat. Selain dapat membantu dalam bergerak dan proses pembakaran lemak, senam juga tidak akan terlalu memberatkan bagi penderita asam urat karena gerakannya yang tidak terlalu sulit. Selain itu, senam sendiri merupakan olahraga yang murah, bahkan dapat dikatakan gratis.

Senam Ergonomik, Senam Penderita Asam Urat

Senam ergonomik merupakan senam penderita asam urat. Gerakan pada senam ergonomik ini cukup efektif, efisien, dan tidak memberatkan bagi penderita asam urat. Gerakan pada senam ergonomik tidak seperti yoga atau gerakan fitness lainnya yang lebih rumit dan lebih melelahkan. Gerakannya sendiri merupakan gerakan yang umum dilakukan sehari-hari karena dasar dari senam ini adalah bahwa setiap orang pasti mampu menjalankan senam ini. Walaupuan dilakukan oleh orang yang baru pertama kali melakukan gerakan senamnya, namun tidak akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri, baik pada saat gerakan dilakukan maupun setelah selesai senam. Hal yang perlu diperhatikan adalah rutinitas dan konsistensi dalam melakukan senam ini. Untuk keperluan terapi atau pengobatan asam urat, senam penderita asam urat ini sebaiknya dilakukan setiap satu jam dalam sehari setiap dua hari sekali.

Gerakan Senam Penderita Asam Urat

Dikarenakan penderita asam urat yang mudah merasa nyeri pada bagian persendian tubuh, maka senam yang dapat dilakukan adalah senam ergonomik yang memiliki gerakan sederhana dan tidak terlalu melelahkan. Contoh dari gerakan senam ini adalah dengan melakukan jalan di tempat secara cepat sambil memutar tangan ke depan dan ke belakang. Gerakan ini dilakukan bersamaan dengan gerakan menggelengkan kepala ke samping kiri dan ke samping kanan. Gerakan-gerakan tersebut merupakan gerakan yang dilaukan sebagai pemanasan atau warming up. Dengan rutin melakukan gerakan-gerakan senam ergonomik tersebut, maka rasa nyeri yang dialami penderita asam urat akan hilang dengan sendirinya.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.