Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Sejauh Manakah Penderita Asam Urat Harus Pantang Asupan Purin?

Masyarakat pada umumnya sudah terbiasa mendengar istilah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Biasanya sedikit banyak mereka tahu sumber-sumber makanan apa saja yang mengandung istilah gizi tersebut dan manfaat yang diperoleh jika mengkonsumsinya. Sementara istilah purin jarang dibicarakan tetapi masyarakat memilah-milah jenis makanan yang menurut perkiraan mereka adalah pemicu penyakit asam urat. Misalnya, kalau sehabis makan jeroan, sendi rasanya ngilu dan panas. Dari pengalaman tersebut konsumsi jeroan dibatasi bahkan dihindari untuk mencegah keluhan yang sama terjadi lagi.

Apakah Purin Itu?

Purin adalah zat alami dalam setiap sel-sel makhluk hidup sehingga purin ada di dalam tubuh kita juga terdapat di dalam makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan.   Purin paling banyak  pada makanan sumber protein.

Sebenarnya tubuh kita menyediakan 85 % purin untuk kebutuhan harian manusia.  Artinya manusia hanya membutuhkan 15 % purin dari makanan.  Faktanya adalah masih banyak masyarakat yang lebih mementingkan kelezatan makanan tanpa memperhatikan kandungan makanan tersebut.  Jika mengkonsumsi makanan yang mengandung purin secara berlebihan maka kadar asam urat akan meningkat di atas batas normal.

Apa Hubungan Purin Dengan Asam Urat dan Penyakit Asam Urat?

Purin ini dimetabolisme di dalam tubuh menghasilkan kristal-kristal yang disebut asam urat.  Secara normal, asam urat akan larut kembali ke dalam darah lalu disaring oleh ginjal dan kemudian dibuang melalui urine.

Masalahnya jika kadar asam urat berlebih ataupun memang terdapat gangguan ginjal, asam urat tidak larut kembali ke dalam darah dan mengendap menjadi kristal asam urat.  Kristal asam urat akan masuk terutama ke dalam sendi.  Hal ini yang memicu terjadinya peradangan dan keluhan nyeri, panas dan bengkak kemerahan pada daerah sendi.  Gejala ini adalah gejala penyakit asam urat.

Apakah Penderita Asam Urat Harus Pantang Total Asupan Purin?

Protein adalah salah satu zat gizi esensial yang diperlukan tubuh.  Jadi berpantang secara total untuk makanan yang mengandung protein tidaklah tepat. Hal yang perlu dilakukan adalah membatasi asupan protein.

Diet normal harian asupan purin sebanyak 600 – 1000 mg tetapi untuk penderita asam urat harus mengurangi hingga 100 – 150 mg.  Purin banyak pada makanan sumber protein.  Membatasi asupan purin artinya mengurangi konsumsi makanan dengan kadar protein tinggi. Rekomendasi asupan protein untuk penderita asam urat adalah 50 – 70 gram bahan mentah per hari atau 0.8-1 gram/kg berat badan/hari.

Jenis -jenis dan Jumlah Bahan Makanan Dalam Diet Rendah Purin

  1. Karbohidrat :
    • Yang diperbolehkan : karbohidrat kompleks seperti nasi, ubi, roti, singkong tidak kurang dari 100 g/hari
    • Pantang : karbohidrat sederhana seperti gula, sirup dan permen
  2. Protein Hewani :
    • Yang diperbolehkan : daging, daging ayam tanpa kulit, ikan bawal, bandeng, tenggiri, tongkol maksimal 50 g/hari serta telur, susu dan keju
    • Pantang : ikan sarden/makarel, daging angsa, daging bebek, cornet beef, kaldu daging, hati, kerang, limpa, paru, otak dan usus
  3. Protein Nabati : kacang-kacangan kering maksimal 25 g/hari, produk olahan kedelai seperti tahu, tempe dan oncom maksimal 50 g/hari
  4. Lemak :  dibatasi 15 % dari total kalori/hari sehingga kurangi makanan yang digoreng  dan berkuah santan maupun pemakaian margarin dan mentega
  5. Buah-buahan : semua boleh kecuali nangka, alpukat dan  durian.  Diutamakan mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air seperti apel, blewah, belimbing, jeruk, melon, semangka dan pir.  Buah sirsak dan buah naga selain banyak mengandung air bahkan juga sekaligus mengobati penyakit asam urat.
  6. Sayuran : semua boleh kecuali asparagus, bayam, brokoli, daun singkong, daun pepaya, kangkung, buncis, kembang kol dan jamur
  7. Minuman :
    • Yang diperbolehkan : teh, kopi
    • Pantang : minuman beralkohol dan minuman bersoda
  8. Bumbu/zat tambahan makanan : semua boleh kecuali ragi

Dilihat dari aneka pilihan makanan di atas, diet rendah purin bukan berarti berhenti makan enak.  Aneka sajian menu tumis, panggang ataupun kukus dengan kombinasi dua atau lebih bahan makanan dengan kelezatan diperoleh dari kreatifitas aneka bumbu tetap dapat dikonsumsi.  Sajian penutup mulut bisa berupa aneka buah-buahan segar ataupun jus buah tanpa gula.  Tidak lupa minum air putih sebanyak 2.5 – 3 liter per hari untuk membantu mengeluarkan kristal asam urat melalui urine.

Selamat makan enak dan tetap peduli kesehatan ya.

Pustaka :

  1. http://asamurat.org/info/penyebab-asam-urat.html
  2. http://www.metris-community.com/pantangan-diet-asam-urat-dan-pengobatannya/
  3. http://dwipresent.wordpress.com/2011/05/24/apa-itu-purin-dan-dimana-ditemukan/
  4. Krisnatuti, D. dkk. 2000. Perencanaan Menu untuk Penderita Gangguan Asam Urat. Penebar Swadaya. Jakarta.
  5. Shabella, R. 2012. Menu Sehat dan Lezat untuk Penderita Diabetes, Asam Urat, Kanker, Kolestrol dan Jantung. Abata Press.  Klaten.
  6. Setiabudi, H. 2012. Deteksi Dini , Pencegahan, dan Pengobatan Asam Urat. MedPress. Yogyakarta.
  7. Mulyanto, D. 2012. Panjang Umur dengan Kontrol Kolesterol dan Asam Urat. Cahaya Atma Pustaka. Yogyakarta

 

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.