Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Sayuran Yang Mesti Dihindari Penderita Asam Urat

Awas penyakit asam urat dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Asam urat tidak hanya dialami oleh orang tua saja, anak mudapun sekarang sudah banyak yang mengalaminya. Pada umumnya penderita asam urat mengelukan sakit pada bagian persendian kaki, tangan, tulang belakang, bahu dan persendian lainnya. Asam urat merupakan produk sampingan dari metabolisme purin. Biasanya penderita asam urat tidak dianjurkan untuk makan makanan yang tinggi purin seperti daging sapi, hati, kalkun dan beberapa ikan. Selain itu ada berbagai sayuran yang mesti dihindari penderita asam urat. Artikel berikut ini mencoba untuk mengulasnya.

Sayuran yang mesti dihindari penderita asam urat biasanya sayuran yang berwarna hijau pekat. Hal ini disebabkan sayuran jenis tersebut mangandung kadar purin tinggi yang dapat merangsang peningkatan jumlah asam urat dalam tubuh. Jika kadar sama urat dalam tubuh meningkat, maka ia akan terkumpul dan mengkristal di persendian sehingga dapat menyebabkan inflamasi (peradangan) dan pembengkakan yang merupakan tanda-tanda terjadinya asam urat.

 

Daftar sayuran yang mesti dihindari penderita asam urat

Sayur-sayuran memang perlu dikonsumsi setiap hari karena mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh. Namun ada beberapa sayuran yang mengandung kadar purin tinggi sehingga perlu dihindari. Berikut ini daftar sayuran yang mesti dihindari penderita asam urat menurut AcuMedico.

No.  Nama sayuran  Kadar purin (mg/100gr)

  1. Daun melinjo 366
  2. Bayam   570
  3. Kangkung 290
  4. Asparagus 230
  5. Kembang kol 510
  6. Jamur  910

Daftar sayuran di atas perlu dihindari bagi penderita asam urat agar penyakitnya tidak kambuh lagi. Dianjurkan pula untuk banyak minum air putih dan jus buah untuk menetralisir kadar asam urat yang tinggi. Jika penyakit asam urat yang diderita masih kambuh, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Mintalah daftar sayuran yang mesti dihindari penderita asam urat. Selain itu mintalah contoh resep menu makanan sehat bagi penderita asam urat. Dengan demikian penyakit asam urat yang di derita akan cepat sembuh karena sumber makanan yang dikonsumsi mengandung sedikit purin sehingga kadar asam urat di dalam tubuh menjadi berkurang.

 

Saran bagi penderita asam urat

Jika penderita hobi mengkonsumsi sayur-sayuran segar, maka dapat mengkonsumsi sayur-sayuran yang berwarna hijau muda seperti sawi, wortel, kemangi, mentimun, oyong, labu siam, dan kacang panjang. Atau dapat juga mengkonsumsi cukup bagian batang dari sayuran tersebut. Hal ini disebabkan karena sayuran yang berwarna hijau muda atau bagian batang sayuran memiliki kadar purin yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari.

 

Buatlah variasi menu masakan dari bahan-bahan sayuran di atas sehingga penderita tidak mudah bosan ketika mengkonsumsinya. Selain itu masaklah bahan sayuran di atas dengan cara direbus atau dikukus sehingga tidak berlemak. Hal ini disebabkan lemak dapat menghambat proses eksresi asam urat melalui urine.

Demikian artikel mengenai “sayuran yang mesti dihindari penderita asam urat”. Mari mencoba untuk menjalani pola hidup sehat dengan menghindari sayuran yang memiliki kadar purin tinggi agar terhindar dari penyakit asam urat.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.