Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Sajian Salad Buah untuk Penderita Asam Urat

Penderita asam urat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 2.5 – 3 liter per hari dan buah-buahan untuk membantu kelancaran pengeluaran kristal asam urat melalui air seni.  Buah-buahan juga mengandung beragam vitamin yang baik untuk daya tahan tubuh. Masalahnya ada penderita asam urat yang tidak suka buah-buahan yang seharusnya dikonsumsi secara rutin dan dalam jumlah cukup.  Lalu bagaimana cara menyiasatinya?

Salad Buah Tiga Warna

Diketahui bahwa sajian makanan yang terdiri dari tiga warna yaitu merah, kuning dan hijau dapat menimbulkan selera :

  1. Warna hijau dari buah kiwi.  Kiwi yang berasal dari Selandia Baru ini terdiri dari dua macam yaitu kiwi hijau dan kiwi gold yang memiliki warna daging kuning.  Buah ini mengandung antioksidan yang tinggi baik untuk daya tahan tubuh.   Untuk sajian ini dipilih kiwi hijau untuk mewakili warna hijau.
  2. Warna merah dari buah strawberry.  Buah yang berasal dari Chili ini memiliki rasa manis-manis asam.  Juga mengandung antioksidan yang tinggi. Strawberry dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolestrol.  Warna merah juga diwakili oleh warna kulit apel merah.
  3. Warna putih kekuningan dari daging buah apel tanpa harus mengupas kulit apel.  Buah ini kaya akan vitamin dan mineral.  Serat yang dikandungnya banyak sehingga dapat mengenyangkan sekaligus menyehatkan.  Warna kuning juga diperkaya dengan warna jingga dari daging buah mangga. Buah mangga kaya akan antioksidan.  Buah ini dapat menurunkan kolestrol serta mencegah diabetes dan stroke.
  4. Minyak zaitun sebagai salad dressing.  Gunakan satu sendok makan yang diteteskan menyebar.  Perasan air jeruk nipis dapat juga dipakai sebagai alternatif untuk memberikan sensasi rasa segar-segar asam.

Sajian salad buah tidak terpaku pada tiga jenis buah yang disebutkan di atas.  Variasi bisa beragam asalkan mewakili tiga warna tersebut sehingga tetap menimbulkan selera dan bisa dicampur dengan sayur mayur.  Warna hijau bisa diwakili ketimun jepang, melon, anggur hijau dan apel Malang.  Warna merah bisa diwakili oleh semangka, pepaya, tomat merah, wortel kukus asal berubah warna, jambu biji merah, jambu air, jambu monyet, buah naga merah.  Sedangkan aneka jeruk, jambu biji putih, jagung manis, buah naga kuning, belimbing, sirsak, kiwi gold dan bengkuang mewakili warna putih/kuning.

Saat Tepat Konsumsi Salad Buah

Sajian salad buah/sayur ini sebaiknya dikonsumsi dengan urutan :

  1. minum 1 – 2 gelas minum air putih
  2. makan salad buah/sayur
  3. makan sajian 4 sehat yaitu karbohidrat, protein, lemak dan sayur berkuah

Salad buah/sayur ini dapat pula dikudap sebagai cemilan pada jam antara jam makan yaitu sekitar jam 10.00 atau jam 16.00 ataupun sebagai pengganti makan malam.

Terbayang ya segarnya ….

Pustaka :

  1. http://doktersehat.com/khasiat-buah-strawberry-untuk-kesehatan/
  2. http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/07/22/99307/Khasiat-Buah-Mangga/11
  3. http://kumpulan.info/kuliner/artikel-kuliner/35-artikel/248-buah-kiwi-banyak-manfaatnya.html#kiwi-kesehatan
  4. http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/101-manfaat-buah-apel.html

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.