Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Pola Makan Sehat untuk Remaja

Menginjak usia remaja, anak mulai tertarik menjalani diet terutama remaja putri yang ingin tampil menarik namun juga tidak jarang anak remaja yang mengalami masalah kelebihan berat badan. Dan sama seperti orang dewasa masalah dengan makanan ini terjadi pada banyak remaja.

Namun tidak menyukai tubuh Anda dan tidak bisa menikmati makanan tanpa rasa bersalah akan  menghilangkan kesenangan dalam hidup. Mood seringkali berubah menjadi burukdan ini sering terjadi pada remaja. Karena remaja memiliki emosi yang kurang stabil namun demikian hal ini bisa diatasi dengan menjalankan pola makan yang sehat untuk remaja.

Berikut adalah pola makan yang sehat untuk remaja agar bisa memandang diri sendiri dengan lebih baik dan merubah pandangan tentang makanan

1. Makan Ketika Lapar

Setiap hari godaan makanan selalu datang menghampiri. Saat menghadiri pesta, liburan atau sekedar ke mall bersama teman selalu dihadapkan pada godaan makanan. Dan ketika para remaja melakukan diet akan memperburuk masalahnya. dan itu hanya membuat keadaan menjadi semakin buruk. Karena akan mengabaikan sinyal tubuh ketika tubuh mengatakan bahwa perut Anda sedang lapar. Namun jika kelaparan tersebut dibiarkan terus menerus maka saat kesadaran untuk diet sedikit lengah, tiba-tiba tanpa disadari Anda akan menghabiskan es krim ukuran besar.

2. Hindari Diet Yo-yo

Melakukan diet ketat tentu saja akan membuat berat badan berkurang dengan cepat namun dalam beberapa bulan berat badan akan kembali ke titik awal sebelum diet bahkan bisa melebihi berat badan sebelum diet. Hal ini yang disebut dengan diet yo-yo dimana kondisi berat badan turun dan naik kembali secara cepat. Efek diet yo-yo ini akan mengakibatkan tubuh mengalami kenaikan berat badan lebih dari sebelum diet dilakukan dan lemak bertambah dari sebelumnya

3. Menyadari Potensi Diri Daripada Penampilan

Dari tontonan TV dan majalah remaja yang lebih banyak menyorot seseorang dari segi penampilan mengakibatkan banyak remaja putri mendapatkan pesan bahwa penampilan lebih penting dari potensi diri dengan apa yang bisa mereka lakukan. Hal ini menyebabkan gangguan makan  seperti anoreksia dan bulimia yang dialami oleh remaja putri. Remaja-remaja ini beranggapan bahwa mereka tidak cukup cantik atau tidak cukup langsing untuk mengejar impian mereka.

4. Mengetahui Fakta Mengenai Pola Makan Menyimpang

Terobsesi untuk menjadi langsing bahkan tidak mengkonsumsi makanan sama sekali akan membuat masalah bagi diri sendiri. Hal ini tidak berkaitan dengan makanan yang dikonsumsi namun penilaian terhadap diri sendiri yang mengakibatkan penyimpangan pola makan. Bagaimanapun juga setelah menjadi langsing tidak akan menghentikan pola makan tidak sehat ini jika  individu tersebut tidak menyukai dirinya sendiri. Orang tua perlu waspada akan hal ini, bantulah agar anak menyadari fakta ini dan jelaskan bahwa hal yang mereka lakukan untuk mendapatkan tubuh yang ramping tanpa dasar yang benar memiliki resiko kesehatan. Jika keadaan ini memburuk orang tua memerlukan pendampingan dokter dan konselor supaya tidak memperburuk keadaan yang dialami anak.

5. Batasi Media Informasi

Jika anak Anda mengalami prilaku pola makan yang menyimpang. Batasi media informasi dengan hal-hal berpengetahuan yang bisa dipertanggung jawabkan. Sulit untuk melihat sekelompok model cantik dan tidak merasa buruk tentang apa yang Anda lihat di cermin. Faktanya adalah gambar model dimajalah tidaklah sesuai kondisi model yang sebenarnya. Foto-foto model dimajalah kebanyakan dimanipulasi dengan komputer untuk tujuan komersial sehingga model terlihat lebih langsing, lebih tinggi, dan lebih cantik. Stop akses untuk sementara dari media apapun yang membuat berantakan citra tubuh Anda.

6. Kembali ke Basic: Makan Ketika Lapar

Carilah alasan kenapa Anda makan. Remaja yang membuat jurnal apa yang mereka makan, mengapa mereka makan, dan bagaimana mereka merasa sesudahnya akan mempunyai pola maka yang lebih sehat. Sebab mengetahui mengapa Anda makan adalah bagian penting dari pola makan sehat untuk remaja selain itu membuat remaja lebih sadar untuk tidak menuntut tubuh secara berlebihan dari yang seharusnya

 

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.