Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Persiapan Menjelang Puasa Ramadhan Bagi Penderita Diabetes

Persiapan menjelang puasa Ramadhan bagi penderita diabetes harus dilakukan. Bulan puasa ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Berbagai persiapan dilakukan menyambut bulan yang istimewa ini. Persiapan yang dilakukan antara lain persiapan fisik dan mental. Menjaga kesehatan fisik sangat penting untuk dapat melaksanakan puasa selama satu bulan penuh. Namun, bagaimana untuk para penderita diabetes mellitus apakah memerlukan persiapan fisik dan mental juga? Tentu saja, setiap orang yang akan melakukan ibadah puasa harus melakukan persiapan.

Puasa Bagi Penderita Diabetes Mellitus.

Penderita diabetes mellitus sebenarnya dapat melakukan ibadah puasa Ramadhan yang diwajibkan bagi umat Islam. Namun, sebaiknya beberapa waktu sebelumnya sudah mempersiapkan kesehatan dirinya. Beberapa persiapan menjelang puasa Ramadhan bagi penderita diabetes mellitus antara lain mempersiapkan diri sendiri, memperhatikan asupan makanan dengan gizi seimbang untuk penderita diabetes mellitus, dan terapi obat harian yang diberikan.

Seseorang yang melakukan puasa, akan terjadi perubahan pola dan waktu makan, sehingga hal itu akan merubah energi tubuh untuk aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Seorang penderita diabetes mellitus atau diabetesi sebaiknya makan dengan jumlah kalori seperti hari-hari biasa, dengan gizi seimbang sesuai untuk diabetes. Hal ini merupakan aspek gizi yang harus diperhatikan. Energi yang ada dari makanan yang dikonsumsi saat sahur harus dapat menjadi cadangan energi untuk kurang lebih 12 – 14 jam, sedangkan bila tidak berpuasa energi dari makanan yang dikonsumsi digunakan untuk 4- 7 jam saja. Jarak waktu yang lama dari saat sahur dengan berbuka, dapat menimbulkan masalah bagi para penderita diabetes. Hal ini diperlukan penatalaksanaan yang tepat, agar kekurangan asupan gizi tidak bermasalah.

Cara yang tepat bagi diabetes adalah segera berbuka, namun saat sahur mendekati saat imsak. Seorang penderita diabetes harus memahami berapa kalori yang dibutuhkan untuk tubuhnya dalam satu hari. Kemudian total kalori yang dibutuhkan dibagi menjadi 50% kebutuhan kalorinya dipenuhi saat berbuka, 40% saat santap sahur, dan 10% setelah ibadah tarawih.

Persiapan Puasa Bagi Penderita Diabetes Yang Perlu Diperhatikan.

Persiapan bagi penderita diabetes menjelang puasa Ramadhan menjadi hal yang tidak boleh dianggap sepele. Penderita diabetes harus memperhatikan asupan gizi untuk tubuhnya, agar terjaga kesehatannya. Selain itu, mencegah komplikasi dan penyakit lannya menyerang tubuh. Hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  1. Saat puasa tubuh tentu tetap membutuhkan cairan. Konsumsi minuman dan makanan yang mengandung air, untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat berpuasa.
  2. Perbanyak mengkonsumsi makanan berserat, seperti buah-buahan dan sayuran. Kurangi makanan yang mengandung lemak, dan hindari makanan yang mengandung lemak jenuh.
  3. Konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang, yaitu 65% karbohidrat, 15% protein, dan 20% lemak dari total energi yang dibutuhkan tubuh.
  4. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, agar tubuh tetap fit dan bugar selama beraktifitas dalam satu hari. Konsumsi suplemen multivitamin bila dirasa unsur mikronutrien kurang dalam makanan yang dikonsumsi.
  5. Tetap disiplin dalam menjalankan diet yang dilakukan, dan selalu memantau kadar gula darah secara berkala sebagai persiapan menjelang puasa Ramadhan bagi penderita diabetes harus dilakukan.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.