Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Persiapan Bayi Tabung: Apa Saja Yang Harus Dilakukan

Faktor penentu keberhasilan program bayi tabung diantaranya adalah kesiapan. Kesiapan dalam hal ini meliputi dua hal yaitu kesiapan secara fisik dan kesiapan secara mental. Kesiapan Fisik; di samping adanya tuntutan kesiapan finansial karena untuk menjalani program bayi tabung dalam jumlah yang tidak sedikit, para pasangan suami istri harus juga memperhatikan kesiapan lain yang tidak kalah pentingnya. Kesiapan yang dimaksud adalah kesiapan secara fisik yang berkaitan dengan kondisi tubuh  atau kesehatan suami maupun istri. Kesiapan fisik dapat dipantau secara pribadi maupun dengan panduan dan petunjuk dokter. Secara pribadi, kesiapan fisik dapat dipersiapkan sejak dini dengan berbagai cara. Diantaranya dengan makan makanan sehat dan bergizi tinggi, mengkonsumsi vitamin dan suplemen, mengurangi minum kopi, tidak minum alkohol,  mengurangi berat badan bagi yang mengalami obesitas, berolah raga secara teratur untuk memperlancar peredaran darah, menjaga gaya hidup, menjaga diri supaya tidak terlalu lelah karena bekerja, dan istirahat yang cukup.

Yang Harus Dilakukan dalam Persiapan Bayi Tabung

Untuk meyakinkan bahwa anda dan pasangan benar-benar siap secara fisik, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter. Hal ini sangat diperlukan untuk mengetahui kemungkinan adanya penyakit tertentu yang dapat menjadi penghalang, terutama jika anda atau pasangan anda   diharuskan untuk meminum obat-obatan untuk dapat bertahan dari penyakit tersebut.  Sebelum mengikuti program fertilisasi internal, anda dapat mengikuti serangkaian tes yang terdiri dari evaluasi umum dan tes laboratorium untuk mengetahui tingkat kesuburan. Evaluasi umum tingkat kesuburan biasanya meliputi pemeriksaan sejarah kesehatan suami dan istri, apakah pernah menjalani operasi karena penyakit berbahaya atau tidak, status kesehatan  terkini termasuk pola makan dan gaya hidup, risiko yang dihadapi berkaitan dengan pekerjaan, sejarah pertumbuhan dan perkembangan seksual, termasuk penggunaan alat kontrasepsi dan alat pengendali kehamilan.

Untuk istri, kondisi fisik umum dan pemeriksaan lebih seksama pada area pelvic  dengan menggunakan ultrasonik. Pemeriksaan internal pada pelvik sangat membantu untuk mengetahui ukuran, bentuk dan posisi organ-organ reproduksi. Pada suami, meliputi pemeriksaan fisik secara umum dan pemeriksaan lebih mendalam pada  penis, skrotum, dan testis. Sedangkan tes laboratorium yang mungkin harus dijalani di antaranya pap smear yaitu tes untuk kanker serviks, tes darah untuk kelenjar pituitary, kelenjar tiroid, dan tes untuk mengetahui tingkat hormon. Tes-tes tersebut bertujuan untuk mengetahui disfungsi kelenjar pituitary dan kemungkinan sindrom yang berkaitan dengan ovarium.

Hal-hal yang perlu Diperhatikan dalam Persiapan Bayi Tabung

Yang kedua, kesiapan mental. Meskipun tidak ditemukan bukti nyata yang berkaitan langsung antara stres dengan kesuburan dalam menentukan keberhasilan program bayi tabung, namun Persiapan Bayi Tabung dalam hal kesiapan mental akan menguntungkan jika diperhatikan dengan baik. Persiapan mental dapat dilakukan dengan metode pengaturan stres atau manajemen stres.  Ada kalanya anda atau pasangan mengalami stres berat dan sangat emosional selama menjalani proses tertentu dalam program bayi tabung. Pada saat-saat seperti ini, ingatlah anda dapat mengandalkan orang lain atau sang ahli untuk berkonsultasi. Di samping itu anda juga dapat melakukan relaksasi yang sesuai yang cocok dengan diri anda atau pasangan seperti meditasi, yoga, dll. Teknik ini sangat membantu untuk menenangkan dan menjernihkan pikiran.

Atau anda dapat sesekali menghabiskan waktu anda bersama teman, keluarga, atau rekan kerja untuk melakukan hal yang menyenangkan, namun anda harus ingat untuk tetap menjaga untuk tidak minum alcohol ataupun merokok.  Jaga pikiran dan mood anda dan pasangan untuk selalu berpikiran positif.  Akan sangat membantu bila anda dan pasangan saling memberikan dukungan dan semangat, berusaha untuk memahami dan menjaga perasaan satu sama lain. Disamping itu, sebelum memutuskan menjalani program fertilisasi in vitro, sangat penting bagi anda dan pasangan untuk mengatur dan mempersiapkan rencana-rencana dan memikirkan segala kemungkinan yang harus dihadapi ke depannya. Hal ini sangat membantu mengurangi resiko stres dalam Persiapan Bayi Tabung.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.