Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Perbedaan Campak Biasa dan Campak Jerman pada Orang Dewasa

Ketidaktahuan mengenai suatu penyakit dengan baik membuat sering kali mengelami salah kaprah. Salahsatunya adalah gejala penyakit yang menyebabkan timbulnya ruam merah di kulit pasti akan sebut sebagai penyakit campak. Penyakit campak sangat populer dengan ruam dan bentolan merah yang ada di sekitar kulit. Tidak salah memang jika hal itu terjadi banyak orang menyebutnya campak namun pengetahuan mengenai penyakit berbahaya sangatlah penting karena ada banyak penyakit yang harus diwaspadai, bukan hanya sekadar campak. Misalnya saja salah satu campak yang berbeda dengan campak biasa. Campak ini sangat berbahaya dan biasanya menyerang orang dewasa. Campak yang berbahaya ini disebut dengan campak Jerman.

Namun sebetulnya campak biasa maupun campak jerman harus sama-sama dikenali karena perawatan yang salah keduanya bisa membahayakan. Sekali lagi, untuk bisa lebih mewaspadai kedua penyakit tersebut, memang ada baiknya untuk tahu perbedaan campak biasa dan campak Jerman pada orang dewasa. Lalu, seperti apa perbedaan campak biasa dan campak Jerman pada orang dewasa tersebut? Mari ikuti penjelasannya.

Perbedaan campak biasa dan campak Jerman bisa dilihat dari ciri-ciri kedua campak itu. Berikut ciri-cirinya.

  • Campak Jerman disebabkan oleh virus Rubella sedangkan campak biasa disebabkan oleh virus jenis Morbilli.
  • Campak Jerman menyebabkan ruam merah di kulit yang dimulai dari muka ke bawah dan lamanya sekitar 3 hari. Adapun campak biasa, ruam merah yang timbul bisa muncul dari mana saja dengan waktu yang bisa lebih lama atau pun lebih sebentar dari 3 hari.
  • Campak Jerman bisa menyebabkan sakit kepala dan sakit persendian. Adapun campak biasa tidak. Hanya flu, batuk, pilek, dan demam saja.
  • Campak Jerman bisa menyebabkan hal yang fatal. Misalnya saja pada ibu hamil bisa menyebabkan kematian atau kelahiran bayi prematur. Jika pun bayi itu bisa lahir, bayi itu bisa sangat berisiko untuk cacat otak, cacat fisik, dan juga keterbelakangan mental. Keadaan ini disebut sebagai sindrom Rubella Kongenital. Kemudian pada pria dewasa, campak Jerman bisa menyebabkan sakit parah pada bagian testis. Adapun campak biasa tidak menyebabkan hal-hal yang fatal. Hanya gejala biasa saja yang muncul.
  • Vaksin campak Jerman adalah MMR (measles, mumps, rubella) yang diberikan bisa kapan saja. Adapun vaksin campak disebut sebagai vaksin campak biasa yang diberikan pada usia bayi 9 bulan dan ulangan di usia 6 tahun.
  • Gejala awal muncul penyakit campak Jerman adalah pembengkakan kelenjar getah bening di leher bawah kuping. Adapun campak biasa tidak.

Campak jerman ini menjadi sangat berbahaya karena virus Rubella yaitu virus yang menjadi awal campak jerman ini menjangkiti manusia adalah merupakan virus yang hanya menyerang saluran pernafasan dan sel saraf.

Virus ini memberikan infeksi melalui hidung dan tenggorokan. Jika campak jerman terjadi pada anak-anak, kondisi anak akan cepat sembuh karena biasanya kondisi yang dirasakan jauh lebih ringan namun jika virus ini menyerang orang dewasa ataupun ibu hamil menjadi sangat berbahaya karena virus ini akan menjadi lebih berat dampaknya. Terutama pada ibu hamil, virus akan ditularkan pada janin yang dikandung. Bayi yang terkena virus Rubella selama dalam kandungan bisa membuatnya cacat ketika dilahirkan.

Itulah beberapa perbedaan campak biasa dan campak Jerman pada orang dewasa yang patut diwaspadai. Semoga bermanfaat.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.