Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Peranan Lidah pada Kesehatan Mulut

Lidah merupakan indera pengecap yang memiliki peranan dasar pengecap dan pendeteksi rasa pada makanan seperti manis, pahit dan lain-lain. Lidah sangat membantu dalam komunikasi serta mempunyai peranan tersendiri pada pengolahan makanan di dalam mulut. Lidah terdiri dari massa jaringan pengikat otot lurik yang diliputi oleh membran mukosa. Pada bagian bawah lidah membran mukosanya halus. Warna lidah normal adalah pink.

Berikut cara membedakan lidah yang sehat dengan yang tidak sehat:

  1. Lidah Putih. Biasanya terjadi pada penderita kurang darah, influenza, orang yang bermasalah dengan pencernaan atau pada penderita Typus.
  2. Lidah Merah. Terjadi pada orang yang sedang menderita panas tinggi. Jika terdapat bintik-bintik merah pada lidah menandakan orang ini mempunyai masalah dengan liver.
  3. Lidah ungu. Menandakan orang sedang demam atau peredaran darah kurang lancar.
  4. Lidah kuning. Biasanya orang yang memiliki lidah kuning disebabkan oleh terlaku banyak mengkonsumsi makanan pedas atau rokok.

Kebanyakan orang hanya fokus pada kesehatan gigi dan gusi sehingga mengabaikan kebersihan lidah mereka. Sebaiknya bersihkan lidah setiap kali menggosok gigi sehingga kesehatan mulut tetap terjaga dengan lebih baik. Beberapa hal yang harus diketahui mengenai lidah antara lain :

  1. Lidah perlu selalu dibersihkan. Permukaan lidah merupakan tempat pelabuhan bakteri sehingga penting melakukan perawatan pada lidah. Bersihkan lidah dengan menggunakan kain kasa atau kain lain yang mempunyai permukaan lembut atau bisa juga dengan menggunakan sisi lain pada sikat gigi karena umumnya sikat gigi yang ada di pasaran saat ini telah dirancang untuk membersihkan lidah.
  2. Berikan Perawatan Ekstra pada Lidah. Lidah yang sudah lama tidak di bersihkan akan menyebabkab penebalan dan mengeras sehingga memerlukan perawatan yang ekstra dalam tindakan pembersihannya.
  3. Jangan Menindik Lidah. Karena akan dapat melukai mulut dan resiko yang ditimbulkan karena tindakan ini jauh lebih berbahaya daripada tato. Menindik lidah menyebabkan gangguan pada syaraf dan dapat menggangu indera perasa
  4. Lidah juga bisa terkena Kanker. Untuk mencegah terjadinya kanker mulut disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter ahli karena kanker mulut juga dapat menimbulkan kematian bagi penderitanya.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.