Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Penyebab Telinga Gatal dan Pengobatannya

Telinga Anda sering gatal? Waspadalah! Hal ini karena bisa jadi telinga yang gatal ini merupakan gejala dari penyakit serius yang berawal dari telinga. Apa saja penyebab telinga gatal dan pengobatannya? Mari kita simak uraian berikut ini.

Aneka Penyebab telinga gatal dan pengobatannya sebagai berikut:

  • Gatal karena Alergi

Gatal jenis ini biasanya merpakan bentuk reaksi terhadap makanan tertentu ( seafood, susu, kacang-kacangan, dan lain-lain ); kosmetika, pewarna dan detergent; zat kimia; logam; racun; hingga gigitan serangga. Untuk gatal jenis ini pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan mengeluarkan/menjauhkan zat pembuat alergi serta mengonsumsi obat anti-alergi yang bisa dibeli di apotek atau sesuai resep dokter, misalnya saja antihistamin. Pemberian salep atau minyak kayu putih bisa diberikan pada alergi akibat gigitan serangga ( telinga luar ).

  • Gatal karena Infeksi

Gatal jenis ini biasanya merupakan bentuk reaksi terhadap infeksi mikro organisme terhadap tubuh. Bisa karena cacar air, campak, atau yang lainnya. Pengobatan untuk jenis gatal seperti ini biasanya dengan memberikan bedak talk atau salep salisil ( telinga luar ) dan minyak zaitun ( lubang telinga ). Hal ini karena seiring penyembuhan penyakit utamanya, rasa gatal akan hilang dengan sendirinya.

  • Gatal karena Sebab Lain

Misalnya saja seperti suhu yang terlalu panas atau suhu yang terlalu dingin; pengobatan penyakit tertentu; dan juga stres. Pengobatan yang bisa dilakukan untuk jenis gatal seperti ini biasanya adalah menetralisasi suhu, pemberian bedak dingin ( bedak salisil ); hingga terapi relaksasi.

  • Gatal yang Merupakan Gejala dari Penyakit Serius

Misalnya saja karena selulitis ( infeksi pada kulit dan jaringannya ); otitis kronis ( infeksi telinga luar persisten ); hingga otitis nekrotisasi ( infeksi telinga luar serius ). Untuk pengobatan pada gatal-gatal telinga jenis ini, obat dari resep dokterlah yang bisa menyembuhkannya ( misalnya saja krim steroid ). Hal ini karena gatal ini merupakan gejala dari penyakit serius.

Itulah beberapa di antaranya penyebab telinga gatal dan pengobatannya. Pastikan untuk mengenali jenis gatal yang menimpa Anda. Obati sesuai dengan jenis gatal tersebut. Jika gatal terus menerus belangsung dan membuat Anda cukup terganggu, segera hubungi dokter.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.