Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Penyebab Telinga Bengkak

Sensasi bengkak di sekitar atau di telinga akan terasa hangat, sedikit panas dan lembut. Banyak hal yang menjadi penyebab pembengkakan dan inflamasi itu, salah satunya adalah akibat infeksi yang terjadi karena bakteri, virus atau mikro organisme lain yang memasuki tubuh. Sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap mikro organisme yang masuk. Reaksi inilah yang menimbulkan gejala infeksi. Adakah penyebab telinga bengkak yang harus diketahui?

Pembengkakan telinga biasa dikaitkan dengan penyakit otitis media dimana tube eustachian di bagian tengah telinga terhalang cairan dan terinfeksi. Tube ini mehubungkan telinga dengan tenggorokan dan mengijinkan pengeringan cairan dari telinga bagian tengah. Jika cairan menjadi banyak menyebabkan telinga bagian tengah terinfeksi oleh bakteri atau virus yang menyebabkan bengkak dan sakit.

Yang menjadi penyebab telinga bengkak lainnya adalah otitis externa, dikenal dengan nama swimmer’s ear. Kondisi dimana air memasuki canal telinga bagian luar dibarengi oleh rasa terbakar, pembengkakan dan gatal. Penyebab lain yang menimbulkan kondisi otitis externa adalah infeksi tulang di dasar tengkorak. Objek asing masuk ke dalam telinga dan telinga teriritasi dan muncul gatal-gatal yang menyebalkan.

Bengkak yang dibarengi oleh demam dan kulit kemerahan di sekitar luar telinga bisa menjadi indikasi infeksi serius. Jika kondisi ini Anda alami maka jangan ragu untuk segera menghubungi dokter Anda. Penyebab telinga bengkak yang banyak terjadi adalah karena infeksi. Jika Anda pernah mengalami pelembutan tulang di belakang telinga bersama dengan rasa sakit dan pembengkakan, mungkin Anda mengalami kondisi Mastoiditis, infeksi tulang mastoid di belakang telinga.

Meskipun infeksi telinga bisa sembuh dengan antibiotik, beberapa gejala memerlukan perhatian lebih dari para ahli atau dokter karena bisa memicu infeksi pada tulang di belakang telinga. Penyebab telinga bengkak tidak boleh dibiarkan begitu saja karena bis amenjadi gejala dari penyakit telinga yang cukup membahayakan. Jika Anda mengalami gejala yang serius seperti pembengkakan tenggorokan atau susah bernafas, demam tinggi, sakit kepala, kemerahan di sekitar daerah telinga, segera ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan lebih dini.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.