Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Penyebab Telinga Bayi Bernanah

“Dok, telinga anak saya bernanah dan bau, saya bingung bagaimana untuk mengobatinya?” kata seorang ibu kepada seorang dokter spesialis THT dr. Lenny Megahwati. Dokter yang bertugas di Rumah Sakit Mitra Keluarga Waru itu menjelaskan bahwa penyebab telinga bayi bernanah salah satunya adalah infeksi yang terjadi pada telinga tengah.

Infeksi pada telinga bayi umumnya disebabkan karena faktor kesehatan meski ada juga yang ditimbulkan oleh kebiasaan membersihkan telinga bayi yang kurang tepat. Membersihkan telinga bayi yang benar adalah dengan cara membersihkan bagian luar telinga saja, jangan mengoreknya terlalu dalam. Kebiasaan mengorek telinga dapat menyebabkan masuknya kotoran telinga ke telinga lebih dalam, sehingga kerap terjadi penumpukkan kotoran dekat dengan membran telinga.

Telinga manusia memiliki satu bagian yang bertugas membersihkan dan menyaring masuknya kotoran, virus atau penyakit. Sistem pertahanan diri ini bekerja dengan mengeluarkan serumen yang berwarna putih seperti minyak. Membersihkan telinga terlalu sering dapat merangsang produksi serumen dan lama-kelamaan menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman, sehingga bayi secara reflek akan mengorek-ngorek telinga dengan jarinya. Tindakan seperti ini dapat menimbulkan luka pada telinga yang memicu terjadinya infeksi telinga.

Penyebab telinga bayi bernanah lainnya yaitu adanya infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan (THT) yang disebabkan oleh masuknya virus flu ke dalam tubuh, seperti yang dialami oleh seorang bayi bernama Attar. Bayi asal Sidoarjo ini kerap terserang bronchopneumonia akibat alergi yang dideritanya. Penyakit dengan gejala mirip penyakit flu ini berlangsung cukup lama dan berulang setiap kali Attar terpapar virus flu. Rendahnya kemampuan tubuhnya dalam membentuk antibodi menyebabkan infeksi menjalar ke bagian tubuh lainnya yaitu telinga.

Hari itu bayi Attar terus menangis, suhu tubuhnya tinggi dan tangannya tak henti menarik-narik daun telinganya. Terlihat cairan putih seperti nanah dan berbau keluar dari telinga bayi kecil itu. Menurut dokter Lenny yang menanganinya hal itu disebabkan oleh infeksi virus flu yang berkepanjangan dan menyebabkan pecahnya gendang telinga karena meradang. Setelah dilakukan pemeriksaan, tampak sebuah lubang kecil pada membran telinga berwarna putih.

Dokter memberikan sebuah obat pembersih telinga berbentuk cairan yang dimasukkan ke dalam liang telinga. Obat ini akan merangsang keluarnya kotoran seperti nanah hingga liang telinga menjadi bersih, barulah diberikan obat tetes untuk memulihkan kondisi telinga bayi Attar. Selama proses pengobatan, telinga harus di tutup agar tidak terkontaminasi oleh masuknya kotoran dari luar.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.