Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Penyebab Sariawan dan Pencegahannya

Anda sering mengalami sariawan? Anda tahu apa penyebab sariawan? Bagaimana pula cara mencegah sariawan? Berikut ini akan kita bahas penyebab sariawan dan pencegahannya.

Sariawan yang dalam istilah medis disebut sebagai stomatitis merupakan suatu bentuk luka di dalam rongga mulut. Bentuknya putih, bulat tidak beraturan, dengan sensasi rasa yang sakit atau perih. Banyak hal yang menjadi penyebab sariawan dan pencegahannya.

Berikut ini adalah penyebab sariawan.
• Fluktuasi hormon dan stres. Hal ini mirip dengan proses terbentuknya jerawat akibat fluktuasi hormon dan stres. Jadi ketika hormon dan stres tidak terkontrol tubuh menjadi tidak terkontrol juga. Akibatnya bisa terjadi defisiensi nutrisi tertentu atau bahkan sistem imun yang lengah dan membuat kuman-kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Sehingga timbullah sariawan.
• Defisiensi/kekurangan nutisi tertentu, seperti vitamin C, B12 dan juga zat besi.
• Infeksi bakteri, jamur, dan virus.
• Gigitan atau robekan. Misalnya luka akibat tergigit ketika sedang makan, bersikat gigi, atau karena gigi yang runcing.
• Rongga mulut yang terbakar akibat makanan atau minuman panas dan pedas.
• Gusi yang sedang sakit (gingivitis) atau jenis infeksi mulut lainnya.
• Hipersensitif terhadap zat tertentu (makanan atau obat).
• Penyakit tertentu, seperti lupus, penyakit Crohn, dan penyakit Behcet.
•  Mengonsumsi obat tertentu tentu, seperti agen kemoterapi, obat rheumatoid arthritis, dan obat.
• Akibat radiasi atau pengobatan kanker.

Adapun pencegahan penyakit sariawan bisa dilakukan dengan cara menjaga kesehatan dan kebersihan mulut serta gigi, pemeriksaan gigi dan mulut secara teratur, banyak minum air putih, dan mengonsumsi makanan serta minuman yang sehat. Sariawan yang terjadi akibat penyakit sistemik bisa diminimalkan dengan selalu menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut serta tentu saja mengikuti semua anjuran dokter yang sudah diberikan.

Ingat juga bahwa sariawan ini bisa menjadi parah. Untuk itu perhatikan untuk selalu menghindari stres; luka akibat gigitan atau benda tajam; tidak merokok; menghindari makanan dan minuman yang panas dan pedas; makanan dan minuman yang mengandung garam dan asam; makanan-makan keras; bawang merah dan bawang putih; minuman yang mengakibatkan aerasi (menyebabkan haus); makanan-minuman berpengawet; dan obat-obatan penahan rasa sakit.

Nah itulah beberapa di antaranya penyebab sariawan dan pencegahannya. Tetaplah menjaga kesehatan tubuh agar selalu terhindar dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.