Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Penyebab Kemandulan Pada Wanita

Ternyata diantara 100 pasangan, terdapat 10 orang yang tidak dapat memperoleh keturunan anak. Jumlah ini cukup fantasis, karena hampir setiap pasangan muda yang menikah, tentu mempunyai cita-cita atau salah satu tujuannya ingin memperoleh keturunan. Kemandulan terjadi apabila pasangan suami istri telah mengalami kegagalan dalam pembuahan kandungan setelah melakukan persetubuhan lebih dari satu tahun, tanpa alat kontrasepsi.

Penyebab kemandulan pada wanita

Kemandulan bisa terjadi pada pihak istri, atau suami atau bahkan keduanya. Menurut data 50-55% terjadi pada pihak wanita, sedang 30-35% pada pihak pria, sedang bila terjadi keduanya bisa 15% saja. Yang paling umum penyebab kemandulan pada wanita adalah kegagalan ovulasi, karena kerja hormon kurang sempurna. Salah satu tanda wanita yang mengalami ganguan ovulasi adalah haid yang tidak teratur atau sama sekali tak pernah haid.

Penyebab  kemandulan pada wanita lainnya adalah ketidakseimbangan hormon yang mencegah sebuah sel telur yang telah dibuahi untuk tidak melekat pada dinding rahim, sedang tekanan emosional bisa mengakibatkan ketegangan langsung berupa kejang pada tabung fallopian untuk cegah sel telur masuk. Mioma uteri, gangguan fisik rahim juga tertutupnya lubang saluran tuba disebabkan infeksi, endometriosis dan operasi pengangkatan kehamilan ektopik.

Bisa jadi, cairan vagina pada leher rahim tidak cocok dengan sperma pria, bahkan ada yang aktif menentang gerakan sperma, sehingga sperma tak bisa bertahan hidup lebih lama. Bisa juga letak rahim yang terbalik (retrofleksi) sehingga sperma tidak dapat menemukan jalan masuknya secara normal. Penyebab lainnya adalah wanita yang memiliki selaput perawan yang ketat atau lubang vagina yang sukar ditembus, atau bentuk umumnya menyimpang, sehingga sperma sukar untuk masuk dengan sempurna.

Penyakit yang diderita wanita, seperti kanker, polip, infeksi alat kelamin, pertumbuhan fribrooids, juga efek dari radiasi yang berkadar tinggi juga dianggap sebagai penyebab kemandulan pada wanita. Bila wanita terlalu gemuk atau terlalu kurus, suka merokok dan minum beralkhohol, kurang gizi, dan juga stress atau bahkan depresi, itu juga bisa menjadikan kehamilan seorang perempuan menjadi angan-angan belaka.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.