Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Penyebab Kanker Kulit

Penyebab Kanker Kulit sangat penting untuk dipahami mengingat bahwa kanker tersebut merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering ditemukan. Sekitar satu dari lima penduduk Amerika menderita kanker kulit setiap tahunnya. Kasus kanker kulit dilaporkan meningkat selama bertahun-tahun seiring dengan meningkatnya faktor risiko dan karsinogen di lingkungan kita. Diantara 3 jenis kanker yaitu karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa dan melanoma, melanoma merupakan jenis kanker kulit yang paling berbahaya dan dapat menyebakan kematian.

Penyebab Kanker Kulit yang Utama

Ada beberapa faktor utama penyebab kanker kulit, diantaranya:

  1. Sinar matahari.  Durasi paparan, intensitas sinar UV dan apakah kulit terlindungi baik dengan krim tabir surya atau pakaian  yang dikenakan, semuanya mempengaruhi tingkat kemungkinan terkena kanker kulit dalam jangka panjang.
  2. Kulit yang berwarna putih. Orang berkulit putih akan lebih rentan terkena kanker kulit daripada orang yang berkulit lebih gelap. Perbedaan ini muncul karena tingkat pigmen alami yang dimiliki kulit yang dapat melindunginya dari paparan sinar matahari yaitu melanin. Melanin merupakan pigmen yang banyak terdapat pada kulit berwarna gelap yang mampu melindungi kulit dari sinar berbahaya dari matahari sehingga mencegah terjadinya kanker kulit. Namun demikian, orang-orang yang berkulit gelap juga masih memiliki kemungkinan menderita penyakit kanker ini meskipun frekuensi kejadiannnya lebih rendah. Mereka yang memiliki warna kulit yang adil dan bintik-bintik memiliki risiko yang tertinggi.
  3. Paparan karsinogen. Bahan kimia tertentu seperti arsen, tar, nikotin, dan minyak terbukti dapat meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Adanya paparan karsinogen dalam jangka panjang juga dapat memicu penyakit kanker kulit dalam banyak kasus.
  4. Riwayat keluarga. Genetik dan riwayat keluarga dapat berkontribusi pada terjadinya kanker kulit. Apabila seseorang dalam keluarga anda mendapat serangan kanker kulit maka meningkat pula kemungkinan anda terkena penyakit ini.

Selain semua faktor-faktor risiko, masih ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kanker kulit atau meningkatkan resiko terkena penyakit tersebut.

Ada beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk mengobati kanker kulittergantung pada tingkat beratnya penyakit dan di bagian mana pada tubuh yang terpengaruh. Diagnosis dini dan tepat dari penyakit tersebut membantu untuk mengobati lebih baik dan lebih efektif. Namun demikian menghindari faktor-faktor penyebabnya jauh lebih disarankan sebagai sarana preventif. Faktor-faktor yang menyebabkan kanker kulit dapat diminimalkan dengan mengadopsi beberapa kebiasaan baik sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari,seperti:

  1. Rajin menggunakan tabir surya. Sembilan puluh persen kasus kanker kulit disebabkan oleh radiasi UV yang berbahaya, sedangkan tabir surya merupakan pelindung terbaik ketika anda berada di luar rumah. Sinar UV dapat merusak struktur sel DNA kita dan memodifikasinya menjadi DNA sel-sel kanker. Minimalkan waktu berada dalam paparan matahari atau gunakan pelindung apapun yang memungkinkan seperti payung, topi, dll. Bahkan jika anda berada di tempat teduh, tetap disarankan untuk memakai tabir surya.
  2.  Mengindari penyinaran berlebihan. Lampu buatan semuanya mengandung sinar UV dan dapat meningkatkan resiko terjadinya melanoma.
  3. Menjaga pola makan sehat – Sistem kekebalan tubuh yang lemah merupakan pendukung terjadinya kanker kulit. Pastikan bahwa Anda menyertakan banyak buah-buahan dan sayuran segar sehingga untuk meningkatkan daya kekebalan tubuh Anda terhadap faktor –faktor penyebab kanker kulit.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.