Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Penyebab Infeksi pada Rongga Mulut

Infeksi pada rongga mulut bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari penyebab kecil sampai hal yang sangat serius. Infeksi ini biasanya meliputi gusi, gigi, pipi, bibir dan amandel. Sebenarnya infeksi pada lidah atau rongga bawah mulut ini tergolong jarang. Jika bisa terkena infeksi biasanya akibat dari trauma tertentu. Ya, menjaga kebersihan dan kesehatan mulut sangat penting karena segala kegiatan atau aktifitas selalu melibatkan mulut untuk bicara.

Mungkin banyak dari kita yang pernah mengalami rasa sakit seperti rasa terbakar atau melihat ada seperti noda berwarna kuning di bagian dalam mulut? Sariawan termasuk salah satunya. Ingatkah satu hari dimana kita mencoba makanan tapi sensasi di dalam mulut sangat tidak enak dan perih seperti terbakar. Rasa terbakar ini tidak bisa dimuntahkan tetapi harus ditahan dan terpaksa makan dengan rasa sakit.

Penyebab Infeksi pada Rongga MulutPenyebab infeksi pada rongga mulut biasanya disebabkan oleh jamur. Jamur ini disebut candida fungus. Biasa menyerang bagian rongga mulut, saluran pencernaan, juga kulit pada banyak orang sehat. Namun, beberapa penyakit tertentu, stress, meditasi juga bisa mengganggu keseimbangan kesehatan dan menyebabkan jamur tumbuh tak terkendali lalu menyebabkan infeksi.

Dua penyebab virus yang paling umum ada yaitu virus herpes simplex type 1 dan herpes simplex type 2. HSV 1 seringkali dikaitkan dengan infeksi pada bagian mulut dan hampir semua manusia di planet bumi ini pernah mengalami infeksi mulut. HSv 2 seringkali dikaitkan dengan infeksi pada bagian genital dan sebanyak 30 % penduduk dunia pernah mengalaminya. Namun, penelitian menyebutkan kedua type itu bisa berinfeksi pada mulut juga organ genital.

Sejumlah kecil jamur biasanya menyerang bagian saluran pencernaan dan mulut tetapi jamur ini juga bisa membantu system kekebalan tubuh manusia. Tapi di sisi lain, untuk alasan tertentu, system kekebalan tubuh yang tidak seimbang bisa membuat jamur berkembang lebih banyak. Jamur ini disebut Candida Albicans dan bisa tumbuh tanpa terkendalikan oleh tubuh.

Satu penyebab infeksi pada rongga mulut yang umum adalah tumbuhnya ragi di dalam mulut. Seperti banyak bentuk jamur pada kulit lainnya. Mengenali gejala infeksi jamur dan ragi bisa membantu kita mengenali dan memahami apa yang sedang terjadi di dalam tubuh kita sendiri. Semoga sedikit pengenalan ini bisa membantu kita menjaga kebersihan diri dengan lebih baik lagi.

 

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.