Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Penyebab Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi

Salah satu gejala radang gusi adalah gusi yang berdarah. Namun bila tiba-tiba gusi Anda berdarah saat sikat gigi, jangan langsung panik dan menganggapnya sebagai sakit atau radang gusi. Gusi yang berdarah saat Anda sikat gigi belum tentu menandakan radang gusi.

Dibawah ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab gusi berdarah saat sikat gigi :

1. Gusi Sensitif : Bila gusi anda sensitif, menggosok gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras dapat membuat gusi Anda berdarah.

2. Plak yang “tercabut” dari gusi : Plak yang terbentuk di gigi dan mengeras akan menempel pada gusi. Plak yang menempel di gusi ini saat dibersihkan akan membuat gusi berdarah.

3. Gusi yang terluka  : Bila Anda sering memakai tusuk gigi dan gusi Anda terluka akibatnya, saat Anda menggosok gigi luka tadi bisa berdarah.

4. Teknik gosok gigi yang salah

Gusi berdarah tidak boleh dianggap remeh karena dapat memicu masuknya bakteri ke aliran darah. Untuk mencegah gusi berdarah, sebaiknya Anda memilih sikat gigi dengan bulu yang halus. Selain itu, gosoklah gigi pelan. Bila gusi Anda memang sensitif, hindarilah makanan yang keras bagi gusi, seperti keripik. Saat makan, kunyahlah pelan makanan, tak perlu cepat-cepat agar tidak melukai gusi. Setelah gosok gigi, berkumurlah dengan air hangat. Selain itu, seringlah berkumur dengan larutan air dan garam. Larutan ini akan membantu menjaga gusi Anda.

Namun, bila perawatan tadi belum juga bisa menyembuhkan gusi Anda yang berdarah, sebaiknya segera temui dokter gigi. Apabila gusi Anda merah dan berdarah serta terasa sakit meskipun Anda tidak sedang menggosok gigi, ini bisa merupakan indikasi gejala radang gusi. Radang gusi bisa terjadi karena adanya penumpukan bakteri pada mulut yang menyebabkan radang atau sakit gusi.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.