Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Penyebab Gondongan

Gondongan atau parotitis epidemika adalah penyakit yang ditandai dengan gejala berupa demam dan pipi yang membengkak, yang diikuti dengan sakit kepala, nyeri tenggorokan dan sulit menelan. Penyebab gondongan adalah virus paramyxovirus, yang menyebabkan radang pada kelenjar parotis yang terletak di bawah dan di depan telinga. Gondongan umumnya menyerang anak antara usia 2-12 tahun baik laki-laki maupun perempuan, dan sangat jarang terjadi pada bayi. Gondongan juga bisa menyerang orang dewasa yang belum pernah terkena gondongan saat masih anak-anak.

Pada musim kemarau, virus paramyxovirus lebih mudah berada di udara, sehingga kasus gondongan lebih banyak ditemukan saat musim kemarau. Penularan dari orang ke orang terjadi saat daya tahan tubuh sedang menurun, sehingga anak-anak lebih rentan tertular karena daya tahan tubuhnya lebih lemah dibandingkan orang dewasa. Gondongan dapat menular melalui percikan ludah akibat penderita bersin atau batuk, atau karena bersentuhan dengan benda yang terkontaminasi ludah penderita.

Pada penderita yang sudah mengalami pubertas seperti remaja atau orang dewasa, virus penyebab gondongan dapat mengakibatkan komplikasi yang lebih berat dibandingkan pada penderita anak-anak. Dengan kondisi tubuh yang lemah, virus dapat menyerang bagian tubuh lainnya, termasuk diantaranya alat reproduksi pria dan wanita, persendian, otak dan selaput otak, pankreas, ginjal dan otot jantung. Pada lelaki dewasa, komplikasi yang mungkin terjadi adalah peradangan testis, yang bisa mengakibatkan testis menciut secara permanen. Sedangkan pada wanita, komplikasi yang timbul adalah infeksi pada indung telur dan payudara.

Karena gondongan disebabkan oleh virus, maka gondongan termasuk self limiting disease, yaitu penyakit yang sembuh dengan sendirinya tanpa diobati penyebabnya. Antibiotik tidak dapat menyingkirkan virus yang menyebabkan gondongan. Pengobatan hanya ditujukan untuk menghilangkan gejalanya saja, seperti analgetik yang diberikan untuk menghilangkan demam dan nyeri. Virus biasanya akan disingkirkan oleh tubuh setelah beberapa hari. Agar penyembuhan dapat berjalan lebih cepat, berikan asupan makanan bergizi pada penderita agar daya tahan tubuhnya meningkat dan tubuh dapat melawan virus penyebab gondongan.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.