Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Penyakit Typus pada Anak

Typus adalah penyakit akut yang diasosiasikan dengan demam yang disebabkan oleh mokroorganisme bakteri salmonella. Bakteri ini terdapat pada air atau makanan dan manusia sebagai pembawanya. Bakteri ini kemudian menyebar ke anak lain di wilayah yang sama dan menunjukkan gejala setelah masa inkubasi selesai. Jadi penyakit typus pada anak adalah menular.

Kasus demam karena typus menurun di Negara Amerika Serikat tetapi masih menunjukkan data yang fatal di beberapa daerah dunia seperti India, Pakistan dan negara Asia lainnya. Anak yang tinggal di negara panas lebih mudah terkena penyakit ini. Kenapa? Karena negara berkembang belum tertata kondisi sanitasi dan kebersihan lingkungan sekitarnya dengan baik dibandingkan negara maju.

Bakteri salmonella ada di dalam air dan makanan yang terkontaminasi. Anak-anak dengan penyakit akut dapat mencemari air di sekitarnya melalui peralatan yang mengandung bakteri yang dipakainya. Jadi, anak yang terkena typus harus dipisahkan semua peralatan makan dan pribadinya agar penyakit yang dideritanya tidak menular pada yang lain.

Tanda dan gejala penyakit typus pada anak adalah adanya proses masuknya bakteri ke dalam tubuh hingga menimbulkan gejala seperti demam typhoid selama satu atau dua minggu dan lama sakitnya bervariasi antara empat sampai enam minggu. Anak mungkin mendapat gejala typus seperti berikut ini :

  • Tidak nafsu makan. Anak kehilangan selera makan dan makan lebih sedikit dari biasanya
  • Beberapa anak mungkin mengeluh sakit kepala
  • Tubuh sakit dan ngilu
  • Demam dengan pola turun naik
  • Lemah, lesu, tidak bergairah
  • Dalam beberapa kasus mungkin ada bintik merah di sekitar perut
  • Diare dan muntah-muntah
  • Mata berair atau mata kering, disebabkan oleh dehidrasi

Adakah langkah pencegahan terhadap penyakit typus pada anak? Hal terbaik untuk mencegah typus menghampiri anak Anda adalah dengan memberikan vaksin tifoid pada anak. Vaksin ini menyelamatkan anak dari bahaya penyakit typus dan komplikasinya. Meskipun rasio keberhasilan tidak menunjukkan angka 100 persen tetapi lebih baik mendapatkan vaksin untuk mengurangi resiko terkena infeksi.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.