Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Penyakit-penyakit yang Menyebabkan Kemandulan

Belum datangnya calon buah hati kerap membuat pasangan suami istri merasa sedih. Apalagi yang sudah lebih dari setahun menikah. Cap kemandulan membuat tekanan secara emosional. Padahal sesungguhnya kemandulan bukanlah vonis yang tak dapat diubah. Untuk mengatasinya tentu perlu diketahui penyebabnya sulitnya mendapatkan kehamilan.

Proses pembuahan umumnya akan berjalan lebih optimal bila pasangan suami istri berada dalam kondisi yang sehat dan bebas dari penyakit-penyakit yang menyebabkan kemandulan. Jadi bila kehamilan tak juga datang sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter agar segera diketahui penyebabnya.

Kemandulan bukan hanya terjadi pada wanita, pria pun bisa didiagnosis menderita kemandulan. Seorang pria bisa didiagnosa mandul bila tidak ditemukan sperma dalam cairannya. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Kerusakan pada testis sebagai organ tubuh yang memproduksi sperma jelas akan menghambat pembentukan sperma. Kerusakan tersebut bisa disebabkan oleh serangan kuman-kuman. Selain itu gangguan pada organ untuk menyalurkan sperma membuat sperma tidak bisa mencapai sel telur. Selain itu beberapa penyakit infeksi, kekurangan gizi dan hormon serta gangguan pada fungsi hati juga bisa mempengaruhi kualitas dan kuantitas sel sperma yang diproduksi.

Pada wanita, penyakit-penyakit yang menyebabkan kemandulan jauh lebih bermacam-macam daripada pria. Tentu bisa dimaklumi, karena organ reproduksi wanita juga sangat kompleks. Infeksi pada indung telur sebagai tempat produksi sel telur akan menghambat pelepasan sel telur. Begitu pula bila tuba falopii yang berfungsi sebagai saluran sel telur ke rahim terkena infeksi. Infeksi pada tuba falopii menyebabkan sel telur yang sudah diproduksi oleh ovarium tidak bisa meluncur ke rahim untuk menjalani proses pembuahan. Sedangkan infeksi pada rahim juga akan menghalangi proses pembuahan oleh sel sperma. Munculnya jaringan parut akibat terkena penyakit menular seksual akan mengganggu kesehatan organ-organ reproduksi pada wanita ikut menjadi salah satu penyebab terhalangnya pertemuan sel telur dengan sperma.

Tapi tak perlu terlalu khawatir, berbagai penyakit-penyakit yang menyebabkan kemandulan tersebut bisa diatasi dengan tuntas bila berkonsultasi dengan para pakar kesehatan.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.