Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Penyakit Kanker Usus Besar

Penyakit kanker usus besar terjadi akibat tumbuhnya sel kanker ganas di dalam permukaan usus besar atau rektum. Kanker usus besar merupakan jenis kanker yang sering ditemukan, terutama pada pria dan wanita yang berusia di atas 50 tahun. Pada pria, kanker usus besar merupakan kanker peringkat ketiga yang sering ditemui setelah kanker prostat dan paru-paru. Sedangkan pada wanita, kanker usus besar juga merupakan kanker peringkat ketiga yang sering ditemui setelah kanker payudara dan paru-paru.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab kanker usus besar. Dari hasil penelitian, para ahli memiliki dugaan tentang hal-hal yang berpotensi memicu penyakit ganas tersebut. Di antaranya adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi protein, kurang mengonsumsi makanan kaya serat, menderita obesitas, jarang melakukan aktivitas fisik, dan sering terpapar bahan pengawet makanan. Selain itu orang dengan usia di atas 50 tahun, merokok, pecandu alkohol, memiliki riwayat penyakit usus, atau memiliki anggota keluarga dengan riwayat kanker usus besar, akan meningkatkan resiko terkena kanker usus besar.

Penyakit kanker usus besar umumnya berawal dari pertumbuhan adenoma (sel tumor yang tidak ganas) pada usus besar. Pada stadium awal, adenoma seringkali tidak menimbulkan gejala atau keluhan apapun. Seandainya adenoma tersebut dapat terdeteksi sejak dini, seharusnya dapat segera diangkat dari usus. Namun seringkali adenoma tidak terdeteksi, sehingga adenoma berkembang menjadi kanker, dan baru diketahui ketika sudah mencapai stadium lanjut.

Mendeteksi kanker usus besar sejak dini merupakan hal yang sangat penting, untuk menghindari kemungkinan terburuk seperti kematian. Pemeriksaan dilakukan pada individu asimtomatik (tanpa gejala) untuk mendeteksi penyakit pada stadium dini, sehingga dapat dilakukan tindakan pengobatan. Deteksi dini biasanya dilakukan pada mereka yang memiliki potensi menderita penyakit kanker usus besar, seperti individu yang berusia di atas 40 tahun, atau mereka yang memiliki risiko tinggi seperti mereka yang pernah dideteksi memiliki adenoma dalam usus besar, atau mereka dengan anggota keluarga yang memiliki riwayat menderita kanker usus besar.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.