Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Penyakit Kanker Kulit

Suatu statistik terbaru telah menunjukkan bahwa sekitar 65.000 orang di seluruh dunia telah meninggal dunia karena penyakit kanker kulit hanya dalam kurun waktu satu tahun. Yang paling menakutkan adalah bahwa jumlah ini ternyata terus meningkat secara berkala. Hal ini sebenarnya bukan karena penyakit ini tidak dapat diobati tetapi meningkatnya jumlah penderita cenderung diakibatkan karena kesadaran masyarakat tentang penyakit ini masih sangat rendah.

Terdapat beberapa jenis kanker kulit yang telah dikenal di dunia kedokteran yaitu karsinoma sel basal (ulkus tikus), karsinoma sel skuamosa dan melanoma, semua kanker ini akan berkembang di lapisan atas kulit yang dikenal sebagai epidermis. Karsinoma sel basal, kasus yang paling sering ditemukan dari ketiganya, akan menyebabkan erosi lokal dari jaringan jika diabaikan, Jenis ini muncul sebagai luka atau benjolan merah lilin pada kulit. Sementara itu karsinoma sel skuamosa dapat menyebar jika tidak diobati. Penyakit ini juga terlihat seperti patch merah atau benjolan pada kulit. Kedua jenis kanker tersebut umumnya tumbuh dengan lambat namun dapat mempengaruhi jaringan-jaringan di sekitarnya dengan sangat cepat. Pada hampir semua kasus, kedua jenis lainnya dapat diatasi. Karsinoma sel skuamosa kadang-kadang terjadi pada vulva pada wanita setelah memasuki periode menopause dan mungkin lebih sulit untuk ditangani.

Melanoma merupakan jenis yang paling ganas dari ketiganya. Melanoma setelah tumbuh kemudian dapat menyebar dengan cepat. Jika terdeteksi dan diobati cukup awal, melanoma dapat disembuhkan dengan tingkat keberhasilan 75% persen dari kasus. Kanker jenis ini lebih banyak terjadi di negara-negara dengan sinar matahari yang melimpah.

Meningkatnya Resiko Penyakit Kanker Kulit

Meskipun sejumlah paparan sinar matahari pada kulit bermanfaat untuk membantu pengaktifan vitamin D, apabila terlalu banyak menjadi berbahaya bagi kesehatan. Saat ini tingkat tinggi radiasi ultraviolet A yang mencapai permukaan bumi dari matahari meningkat pesat karena adanya penipisan lapisan ozon yang disebabkan oleh bahan kimia flurocarbon karena meluasnya penggunaan kaleng semprot.

Berbagai penelitian terkini telah mengungkap fakta bahwa orang yang berkulit terang memiliki risiko lebih besar terkena kanker pada kulit, walau dalam beberapa kasus orang berkulit gelap juga masih memiliki kemungkinan terkena

juga. Jika anda berkulit terang maka akan semakin mudah Anda akan terbakar sinar matahari dan semakin besar pula resiko anda untuk terkena kanker kulit. Ada dua hal ini yang meningkatkan paparan sinar matahari yaitu berjemur di pantai dalam jangka waktu yang lama dan melakukan mengejar pekerjaan pertanian yang melibatkan banyak kegiatan di luar ruangan. Kerusakan pada sel-sel kulit akan terakumulasi dari waktu ke waktu, sehingga dalam beberapa tahun cepat atau lambat orang dapat terkena penyakit kanker tersebut.

Terdapat beberapa faktor risiko lain selain paparan sinar UV matahari yang meningkatkan resiko terjadinya kank

er kulit yaitu riwayat keluarga kanker kulit atau kanker lainnya, paparan bahan karsinogenik seperti senyawa-senyawa radioaktif, tar dan nikotin dari asap rokok, dll.

Gejala Penyakit Kanker Kulit yang Penting untuk Diperhatikan

Selain adanya perubahan dalam jaringan kulit, orang yang terkena kanker kulit biasanya jarang menunjukkan gejala yang serius kecuali apabila kanker tersebut telah menyebar ke organ lain. Dalam kebanyakan kasus orang dengan karsinoma sel basal atau karsinoma sel skuamosa didiagnosis menderita penyakit sebelum keganasan mereka telah menyebar. Namun, hal ini tidak selalu terjadi pada pasien-pasien yang terkena melanoma ganas. Gejala-gejala yang muncul biasanya tergantung pada organ mana kanker menyebar.

Anda harus waspada terhadap penebalan kasar dari kulit yang lebih merah atau lebih pucat bahwa kulit di sekitarnya walaupun kecil. Kanker pada kulit dapat muncul berupa benjolan kecil atau luka kecil yang mudah berdarah dengan kesembuhan yang sangat lambat atau tidak sama sekali. Jika tidak diobati bintik-bintik kecil itu akan segera berkembang dan menyebar ke jaringan di sekitarnya. Melanoma biasanya menunjukkan kehadirannya dengan mengubah warna atau tampilan mol. Karena melanoma melibatkan sel-sel yang memproduksi pigmen coklat atau hitam.

Apabila anda menemukan suatu perubahan pada kulit maka sebaiknya kulit anda segera diperiksa oleh dokter. Tentu saja lapisan paling atas dari kulit merupakan yang pertama akan terpengaruh. Jika anda mengalami tanda-tanda kanker kulit ini, kecepatan diagnosis Penyakit Kanker Kulit dapat berarti perbedaan antara hidup dan mati.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.