Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Pentingnya Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Anak

Nutrisi untuk tumbuh kembang anak merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh para orang tua. Anak merupakan buah hati yang harus diperhatikan dan dipantau secara seksama agar tumbuh kembangnya dapat optimal dan tidak mengalami hambatan. Masa pertumbuhan merupakan masa yang paling penting dalam menyiapkan masa depan, sehingga pemenuhan nutrisi bagi tumbuh kembang anak tidak boleh diabaikan atau hanya dilakukan asal-asalan.

Pada umumnya kebanyakan anak mengalami susah makan sehingga penyerapan nutrisi untuk bagi kembang anak yang dibutuhkan oleh tubuhnya bisa terhambat jika orang tua kurang pandai menyiasati pola makan si anak. Pada saat tersebut peranan orangtua sangat diperlukan agar nutrisi pertumbuhan yang dibutuhkan oleh anak-anak mereka tetap terpenuhi.

Pentingnya Nutrisi Bagi Tumbuh Kembang Anak Di Masa Emas Pertumbuhan

Masa pertumbuhan seorang anak akan berlangsung dengan cepat sampai pada kisaran usia 18 tahun. Rentang usia tersebut merupakan masa yang sangat produktif untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Anak-anak telah mulai tumbuh dan berkembang sejak berada pada janin sang ibu dan akan terus berlanjut setelah lahir hingga usia remaja.

Namun kebanyakan para orangtua menganggap bahwa jika usia seorang anak sudah melewati masa balita maka pemenuhan terhadap nutrisi bagi tumbuh kembang anak sudah bisa disamakan dengan orang dewasa. Padahal anggapan tersebut tidaklah benar, karena anak yang masih usia 6 tahun ke atas pun masih memerlukan perhatian khusus untuk pemenuhan nutrisinya.

Selain karena organ pencernaan anak-anak yang belum sekuat organ pencernaan orang dewasa, sehingga pemenuhan nutrisi untuk tumbuh kembang anak tersebut juga akan terus bertambah secara bertahap hingga anak-anak menginjak usia remaja dan memasuki masa pubertas. Hal tersebut tentu sangat berbeda dengan nutrisi yang dibutuhkan orang dewasa. Sudah selayaknya jika pemenuhan nutrisi bagi tumbuh kembang anak terus diawasi oleh orang tua, dengan demikian maka anak akan tetap terjaga kesehatannya dan akan bertumbuh kembang dengan baik.

Macam-macam Nutrisi Bagi Tumbuh Kembang Anak

Kebutuhan nutrisi antara anak-anak dan orang dewasa pastinya berbeda, hal tersebut dikarenakan faktor usia dimana masa kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan yang paling pesat. Oleh karena itu sudah seharusnya kebutuhan akan berbagai macam nutrisi bagi tumbuh kembang anak dipenuhi agar dapat menunjang masa pertumbuhan tersebut. Berikut beberapa macam nutrisi yang harus dipenuhi agar tumbuh kembang anak dapat berjalan dengan optimal :

  1. Zat Besi
    Ini merupakan salah satu nutrisi bagi tumbuh kembang anak. Mineral ini diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan sel-sel darah merah. Kekurangan zat besi pada anak akan mengakibatkan anemia meskipun pada faktanya hal tersebut sangat langka terjadi pada masa anak-anak. Asupan zat besi bisa kita dapatkan dari daging merah, kacang-kacangan, hati maupun sereal. Penyerapan zat besi akan lebih optimal jika sumber makanan yang diambil dari jenis non daging.
  2. Kalsium.
    Ini merupakan Nutrisi bagi tumbuh kembang anak yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang terutama pada anak-anak. Kekurangan kalsium dapat mengakibatkan pertumbuhan tulang pada anak-anak akan terhambat. Pemenuhan kalsium tubuh dapat diperoleh dari susu, keju, tahu dan sayur-sayuran yang berwarna hijau.
  3. Protein
    Ini merupakan salah satu hal terpenting dalam menunjang proses tumbuh kembang pada anak-anak. Protein berfungsi untuk mengatur sistem metabolisme yang ada dalam tubuh serta memperbaiki sel-sel yang rusak di dalam tubuh. Tidak salah jika kebutuhan protein harian seorang anak lebih tinggi bila dibandingkan dengan orang yang sudah dewasa karena perkembangan sel pada masa anak-anak sedemikian cepatnya bila dibandingkan dengan orang dewasa. Asupan protein bisa kita peroleh dari daging, sayur-sayuran dan ikan, terutama ikan laut.
  4. Vitamin
    Nutrisi bagi tumbuh kembang anak ini juga merupakan salah satu faktor yang tidak kalah pentingnya dalam menunjang masa tumbuh kembang bagi anak-anak. Ada banyak macam vitamin yang diperlukan oleh tubuh mulai dari vitamin A, B komplek, C, D, E dan K. Meskipun peranan vitamin sangat penting bagi tubuh namun sebenarnya kadar yang diperlukan oleh tubuh tidaklah terlalu besar. Karena sebagian besar dosis vitamin yang masuk ke dalam tubuh akan dikeluarkan kembali lewat metabolisme jika kebutuhan vitamin yang diperlukan sudah tercukupi.

Jika keseluruhan nutrisi tersebut dapat terpenuhi dengan baik maka pertumbuhan anak tidak akan terhambat dan akan lebih optimal. Pemenuhan nutrisi untuk tumbuh kembang anak tersebut tentunya juga harus terus diawasi karena akan ada perubahan kebutuhan nutrisi secara bertahap sesuai dengan bertambahnya usia dari anak-anak.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.