Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut Bagi Ibu Hamil

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut Bagi Ibu Hamil mungkin hanya diketahui sebagian dari kita. Namun banyak alasan penting mengapa seorang ibu hamil harus melakukannya. Bahkan hal ini perlu dilakukan sejak sebelum menikah.

Alasan utama mengapa seorang ibu hamil harus menjaga kesehatan mulutnya adalah apabila ia mengalami gangguan bagian tersebut maka kebutuhan akan pemenuhan makanan selama hamil akan terganggu. Hal ini terutama apabila sang ibu hamil mengalami gigi keropos atau caries dan berlubang sehingga dia tidak dapat mencerna makanan dengan baik, sebagai akibatnya maka kecukupan gizi janin berkurang dan akhirnya sang bayi akan mengalami gangguan pertumbuhan yang serius dalam kandungan.

Selain itu terdapat pengaruh perubahan hormon kehamilan pada  kesehatan mulut dan gigi. Sebagai contoh akibat aktivitas hormone kehamilan seorang ibu hamil pada  trimester pertama akan sering mengalami muntah dan juga kelebihan air liur yang menimbulkan rasa seperti ingin terus meludah. Apabila sang ibu tidak rajin berkumur atau menggosok giginya maka kuman-kuman penyakit akan mudah tumbuh. Selain itu juga akan timbul bau mulut (halitosis) berikut tumbuhnya jamur serta sariawan pada rongga mulut.

Ibu hamil juga cenderung mengalami pendarahan atau pembengkakan pada gusi karena dia akan cenderung mengalami pelunakan dari jaringan daerah gusi selama kehamilan akibat peningkatan hormon. Bahkan dapat pula timbul benjolan – benjolan bengkak yang berwarna kemerahan pada bagian gusi sehingga gusi mudah berdarah.

Tips Pencegahan Dalam Merawat Gigi Ibu yang Sedang Hamil

Sebelum sang ibu hamil ia perlu melakukan kegiatan penyikatan gigi secara teratur dan benar dengan gerakan sikat yang melingkar secara hati-hati untuk menjangkau sela-sela gigi. Menyikat gigi yang benar juga mengarah atas serta ke bawah dan sebaliknya secara berulang ulang. Selain itu calon ibu perlu menyikat gigi secara teratur menggunakan pasta gigi yang baik yaitu yang sesuai dengan kebutuhannya minimal dua kali sehari dan terutama pada saat malam menjelang tidur. Calon ibu juga perlu menghindari makanan terlalu panas, dingin atau terlalu asam. Mengemil makanan yang terlalu keras juga tidak disarankan karena dapat merusak gigi.

Kesejahteraan ibu dan anak akan meningkat apabila perawatan kesehatan gigi sang ibu telah dilakukan dengan benar. Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut Bagi Ibu Hamil perlu disebarluaskan dengan benar bahkan sejak sebelum sang ibu hamil sehingga kualitas anak-anak Indonesia dapat terjaga dengan baik.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.