Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Pentingnya Deteksi Dini Gejala Diabetes Pada Anak

Semua orang tua harus tahu dan sadar akan Pentingnya Deteksi Dini Gejala Diabetes pada anak. Diabetes mellitus yang biasa menyerang anak – anak adalah diabetes mellitus tipe I. Penyakit ini merupakan penyakit genetik atau turunan yang obatnya belum ditemukan di dunia medis. Dengan mendeteksi penyakit diabetes mellitus ini sejak dini pada anak anda, minimal anda akan dapat menghindari keadaan terhambatnya diagnosa sehingga penyakit ini sudah mencapai ke keadaan yang tidak dapat tertolong lagi.

Dengan mendeteksi penyakit diabetes mellitus sedini mungkin, maka anda bisa memberikan perawatan yang tepat kepada anak anda apabila memang ia menderita penyakit tersebut. Karena meski tidak dapat disembuhkan, minimal anda bisa meningkatkan kualitas hidupnya sehingga ia bisa menikmati hidup yang indah jauh lebih lama. Caranya, tentu saja dengan memperhatikan asupan nutrisi, mengatur pola hidup sehat termasuk dengan berolah raga dan menjalani perawatan – perawatan tertentu.

 

Penderita Diabetes Mellitus Tipe I di Indonesia     

Diabetes mellitus tipe I merupakan jenis penyakit metabolik yang menjadi perhatian sebagian besar ahli medis di seluruh dunia belakangan ini. Selain penyakit ini bersifat kronis, jumlah penderita penyakit diabetes mellitus tipe I ini juga semakin bertambah dari waktu ke waktu, termasuk di Indonesia. Setelah melewati proses pendataan selama dua tahun, lembaga yang merupakan Unit Kelompok Kerja Endokrinologi Anak Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mendapatkan bahwa terdapat 674 anak dari seluruh Indonesia yang tercatat menderita diabetes mellitus tipe I.

Berdasarkan data yang tercatat, rata – rata anak Indonesia yang menderita diabetes mellitus tipe I didiagnosa menderita penyakit tersebut di usia antara 10 -15 tahun. Namun, bukan berarti anak – anak yang lebih muda dari usia tersebut tidak akan terjangkit diabetes mellitus tipe I, karena penyakit ini tidak memandang usia penderitanya. Meski data tentang jumlah penderita penyakit ini masih terlihat kecil, kemungkinan jumlah anak – anak penderita diabetes mellitus tipe I ini mungkin saja jauh lebih besar daripada yang terdata. Itulah mengapa semua orang tua harus mengetahui Pentingnya Deteksi Dini Gejala Diabetes.

 

Deteksi Dini Gejala Diabetes

Setiap orang tua harus waspada dan mencegah penyakit ini diderita oleh anak – anak mereka, karena penyakit ini beserta komplikasinya dapat mematikan dalam waktu yang singkat. Orang tua harus segera membawa anaknya ke dokter ketika gejala – gejala berikut menyerang : anak terlalu sering buang air kecil, napasnya berbau aseton atau asam, anak menjadi lebih gampang merasa lapar dan haus atau nafsu makan yang besar tetapi tidak gemuk, berat badannya menurun, cepat lelah, napasnya sesak, penglihatan anak kabur, menderita jamur kulit, sakit perut, ataupun muntah.   

Ketika anak anda mengalami gejala – gejala di atas, sebaiknya anda segera hubungi dokter agar penyakit yang dideritanya dapat segera terdekteksi dan diobati. Orang tua juga patut waspada pada penyakit – penyakit komplikasi yang juga sering memperparah keadaan si penderita seperti kadar glukosa dalam darah yang terlalu tinggi (hiperglikema) atau terlalu rendah (hipoglikema). Selain itu, ketika kadar gula sudah sangat tinggi, komplikasi ketoasidosis juga mungkin terjadi karena zat keton yang terbentuk. Karena bersifat asam, zat keton ini akan meracuni otak dan kemudian menyebabkan koma diabetik atau bahkan kematian.

Autoimun tubuh yang menolak sel pembentuk hormon insulin merupakan penyebab utama terjadinya penyakit diabetes mellitus tipe I ini. Keadaan ini dapat disebabkan oleh faktor gen yang rusak dari orang tua atau bahkan gen yang rusak akibat radiasi, polusi, infeksi, bahan kimia, dan sebagainya. Kurangnya insulin akan mengacaukan metabolisme glukosa dalam tubuh sehingga glukosa mencemari darah si penderita.

Meski sulit terdeteksi, memahami gejala – gejala awal diabetes mellitus tipe I sangat penting agar anda dapat terus mengontrol kesehatan anak anda. Terus berikan suntikan insulin sesuai petunjuk dokter, atur dan berikan makanan yang sehat, serta olah raga secara teratur agar kualitas hidup si penderita diabetes mellitus tipe I dapat lebih optimal dan menjadi arti Pentingnya Deteksi Dini Gejala Diabetes.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.