Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Pengobatan Penyakit Campak Jerman

Inti pengobatan pada penyakit campak jerman (rubella) sebenarnya terletak pada perawatan selama seseorang mengalami campak jerman. Campak jerman diakibatkan oleh virus sehingga tidak ada obat yang melawan virus tersebut, dan tubuh pada dasarnya dapat memulihkan dirinya sendiri dari virus ini. Namun, yang perlu diobati adalah sakit yang menyertai campak ini.

Pengobatan pada penyakit campak jerman sebenarnya lebih pada menjaga agar tubuh segera kembali sehat dan sembuh dari berbagai penyakit yang menyertai campak. Pengobatan dapat dilakukan dengan mengobati demam yang merupakan gejala awal sakit campak. Berikan obat penurun panas, namun pada anak-anak perhatikan penggunaan obat penurun panas yang sesuai. Bila campak disertai/ diawali sakit batuk, berikan obat batuk; bila campak disertai pilek, berikan obat pilek; bila campak disertai diare, berikan obat diare; dan sebagainya. Berikan juga vitamin pada penderita campak jerman agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Akan lebih baik bila obat yang digunakan berdasarkan anjuran dokter.

Selain itu, vitalitas tubuh penderita campak jerman juga harus dijaga agar tidak terinfeksi penyakit lainnya. Oleh karena itu, berikan istirahat yang cukup dan makanan bergizi pada penderita campak. Berikanlah makanan-makanan lunak pada penderita campak jerman agar mudah dicerna, suhu tubuh yang meningkat bisa menyebabkan sistem pencernaan terganggu sehingga makanan bisa sulit dicerna.

Penderita campak jerman juga harus menjaga kebersihan tubuhnya. Penderita sebaiknya tetap mandi atau dilap dengan air hangat. Sedangkan, penderita campak ringan dapat dirawat di rumah dengan tetap memperhatikan peningkatan suhu tubuh. Selain itu, dengan tetap tinggal di rumah untuk sementara, penderita campak jerman tidak akan menulari pihak lain yang belum tervaksinasi. Bila suhu terus meningkat atau terjadi komplikasi seperti sakit telinga, leher kaku, gangguan pada mata, atau kepala pusing, penderita campak sebaiknya segera dibawa ke dokter. Bila yang terinfeksi campak jerman adalah ibu hamil, satu-satunya pengobatan yang harus segera dilakukan adalah dengan pergi ke dokter karena penyakit ini sangat berbahaya bagi bayi dalam kandungannya.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.