Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Pengobatan Alami Buah Mengkudu Untuk Penderita Diabetes

Buah Mengkudu Untuk Penderita Diabetes.

Khasiat buah mengkudu untuk mengobati berbagai macam penyakit telah banyak dirasakan orang. Selain dapat mengobati tekanan darah tinggi dan jantung, buah mengkudu ternyata juga dapat mengobati penyakit diabetes. Sebenarnya apa itu buah mengkudu? Apa kandungan bahan aktifnya? dan bagaimana cara membuatnya? Tanaman Mengkudu (Morinda citrifolla L) atau sering dikenal sebagai Pace merupakan tanaman yang tumbuh di ketinggian 1000 m dpl. Pohon mengkudu tingginya antara 3 hingga 8 meter. Daunnya berwarna hijau kekuningan dan bertepi rata. Bentuk buah mengkudu sendiri berbenjol-benjol tidak teratur dengan panjang antara 5 hingga 10 cm.

Kandungan Di Dalam Buah Mengkudu Untuk Penderita Diabetes

Sebuah penelitian mencoba menguji khasiat anti-diabetes pada sari buah mengkudu yang dilakukan terhadap hewan Mencit jantan dan betina yang terlebih dulu dibuat menderita kondisi diabetes dengan pemberian zat alloxan. Selama 3 minggu hewan tersebut diberikan sari buah mengkudu sebesar 0,22 mL/20 gr berat badan atau setara dengan 2 sendok makan setiap hari. Hasilnya? Di luar dugaan kadar gula darah menurun baik pada Mencit jantan maupun Mencit betina. Kemudian Mencit yang mendapat perlakuan sari buah mengkudu 2 minggu mengalami penurunan kadar gula darah yang lebih besar dibandingkan dengan mencit yang mendapatkan perlakuan hanya 1 minggu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa sari buah mengkudu memiliki efek yang baik bagi penderita diabetes. Turunnya kadar gula darah ini menurut para ahli diduga karena adanya kandungan zat proseronin pada buah mengkudu yang dapat memperbaiki sel beta pankreas. Proseronin akan diubah dalam zat tubuh menjadi seronin yang dapat menyatukan peptida-peptida atau asam-asam amino menjadi protein. Pada sel beta pankreas yang telah rusak, banyak protein yang terpecah. Oleh sebab itu sel-sel pankreas yang rusak tersebut akan diregenerasi kembali oleh zat aktif seronin tersebut.

Seperti kita ketahui bahwa organ pankreas banyak yang rusak karena banyaknya sel-sel penyusunnya yang mati. Kandungan zat proseronin dalam sari buah mengkudu mampu meregenerasi dan merevitalisasi sel-sel penyusun pankreas. Dengan demikian sel beta pankreas akan menjadi normal dengan menghasilkan cukup insulin untuk menstabilkan kadar gula darah.
Membuat jus buah mengkudu untuk penderita diabetes sangatlah mudah. Pertama, pilih 2 buah mengkudu keras yang sudah tua, cirinya buah berwarna putih dan sudah tidak ada hijaunya, kemudian biarkan selama 2 hari agar menjadi lunak. Kupas kulitnya lalu blender dengan menambahkan air hangat secukupnya hingga menjadi jus, lalu saring. Untuk terapi diabetes Anda, minum jus ini 1 gelas sehari selama 2 minggu, niscaya kadar gula darah Anda akan berangsur-angsur normal kembali. Jika tak tahan rasa pahitnya, campur dengan 1 sendok madu. Selamat mencoba khasiat Buah Mengkudu Untuk Penderita Diabetes.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.