Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Pengertian Menopause

Pengertian menopause sebaiknya dipahami oleh para wanita agar mampu mempersiapkan diri dan mental memasuki masa menopause. Menopause merupakan sebuah fase alamiah yang terjadi pada wanita usia pertengahan empat puluh ke atas. Fase ini tidak dapat dielakkan pun dicegah. Walau begitu banyak wanita yang tidak mampu menerima kondisi ini dengan baik sehingga membuatnya bad mood dan uring-uringan menghadapi masa ini. Wanita yang mengalami menopause menganggap siklus ini menjadi salah satu cara membuatnya tampil tidak menarik dan sudah menunjukkan usianya sudah sangat tua dan terus menua. Apalagi kondisi fisik yang semakin jelas terlihat tua seperti kulit yang keriput, kulit yang kering, uban, hingga kondisi kesehatan yang tidak bugar.

Menopause menjadi sesuatu yang menakutkan padahal sebetulnya tidak perlu ditakuti sedemikian rupa. Wanita hanya perlu mempersiapkan mentalnya dengan perubahan tersebut. Kesiapan mental akan membantu wanita menopause dalam menghadapi perubahan fisiknya. Mental atau psikis yang tidak kuat, membuat berbagai keluhan timbul akibat dari menopause itu. Selain daripada mental, tentu saja, pola hidup yang sehat harus mulai dilakukan. Lantas, apa sih sebetulnya menopause itu secara jelas?

Kata menopause berasal dari dua kata, yakni “mens” yang berasal dari kata menstruation atau menstruasi, dan dari kata pausis yang berarti berhenti. Singkatnya, menopause adalah menstruasi berhenti.

Pengertian menopause secara ilmiah adalah masa dimana kesuburan dan kemampuan reproduksi seorang wanita berhenti akibat usia dan penurunan hormon estrogen dalam tubuhnya. Hormon estrogen merupakan komponen penting dalam tubuh wanita. Estrogen memengaruhi fisik dan psikis dalam diri wanita. Maka, saat usia bertambah dan kadar hormon estrogen mulai menurun secara alamiah, bukan hanya fisik wanita saja yang terpengaruh, tapi juga psikisnya.

Ovarium wanita juga dipengaruhi keberadaan estrogen ini. Saat estrogen mulai menghilang, ovarium pun mulai melemah sehingga tidak lagi subur dan bereproduksi. Fase ini ditandai dengan berhentinya menstruasi pada wanita menopause. Selain itu, psikis wanita pun mengalami perubahan, seperti rasa depresi dan emosional.

Pengertian menopause biasa disalahartikan dengan klimakterium. Klimakterium tidak sama dengan menopause. Klimakterium adalah sebuah proses panjang dari premenopause-menopause-pascamenopause. Jadi klimakterium terdiri dari 3 fase tadi, dan menopause adalah salah satu fase klimakterium, sehingga bila ada yang menyamakan klimakterium dengan menopause jelas tidak benar.

Klimakterium merupakan masa transisi atau penyesuaian pada wanita, dari yang awal masa reproduksi menurun hingga benar-benar berhenti bereproduksi, selain itu pada fase ini wanita dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan-perubahan akibat penurunan hormon dalam tubuh.

Klimakterium dimulai dari fase premenopause. Pada tiap wanita, fase premenopause bisa berlangsung dalam jangka waktu yang berbeda-beda, namun pada umumnya terjadi antara 4-5 tahun sebelum menopause. Pada masa premenopause, estrogen masih terbentuk. Fase kedua dalam klimakterium adalah menopause seperti yang dijelaskan sebelumnya. Fase ketiga dalam klimakterium adalah pascamenopause. Pascamenopause biasanya terjadi 3-5 tahun setelah menopause.

Nah, Anda sudah semakin mengenal apa itu menopause. Sudah siapkah Anda dengan menopause? Apa yang akan Anda siapkan untuk menyambutnya? Semoga belum menopause ataupun sudah menopause tidak mengurangi semangat Anda dalam menjalani hidup ini. Anda tetaplah wanita yang cantik dan luar biasa siapapun Anda dan berapapun usia Anda. Menopause tidak akan menghalangi kecantikan dan gairah Anda, berbahagialah dengan datangnya menopause dan nikmati siklus ini dengan hati yang berseri-seri.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.