Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Pengertian Endometriosis

Endometriosis adalah suatu kondisi dimana terjadi pertumbuhan jaringan yang mirip dengan endometrium, dan terjadi di luar kavum uteri. Bisa juga dikatakan bahwa endometrium yang masih berfungsi terdapat di luar kavum uteri. Istilah – istilah tadi mungkin tidak semua orang bisa memahami secara sederhana, dimana ini adalah suatu jaringan yang seharusnya ada di dalam rahim tapi ternyata ditemukan terdapat di luar rahim.

Kondisi ini memang merupakan suatu gangguan dalam tubuh yang tentu juga akan mempengaruhi fungsi – fungsi dalam tubuh. Bisa dibilang, sekarang ini memang semakin banyak bermunculan berbagai jenis gangguan yang ditentukan dan pertanyaan yang sering muncul adalah mengapa kondisi atau gangguan ini bisa terjadi? Bagaimana endometriosis bisa terjadi? Jika Anda menemukan adanya endometriosis pada diri Anda atau saudara Anda, jangan langsung panic terlebih dahulu. Kita harus tetap tenang menerima kondisi kita. Selanjutnya tentu Anda harus segera mengikuti saran yang dikatakan dokter.

Klasifikasi Endometriosis

Endometriosis sendiri dibagi dalam beberapa klasifikasi:

1.  Endometriosis interna, yaitu endometriosis yang ditemukan terdapat di dalam miometrium.

2. Endometriosis eksterna, yaitu endometriosis yang ditemukan terdapat di luar uterus.

Bagaimanakah kita bisa melihat ciri – ciri orang yang terkena endometriosis?

Orang yang terkena endometriosis, pada saat datang bulan sering mengalami rasa sakit di daerah perut bagian bawah. Untuk Anda yang selama menstruasi  sering merasakan rasa sakit yang cukup hebat di daerah perut bagian bawah, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk dilakukan pengecekan.

Selain rasa nyeri atau sakit di daerah perut bagian bawah, ciri yang lain adalah saat datang bulan atau menstruasi, sering terjadi selama tujuh hari atau lebih.  Jika Anda mengalami menstruasi yang cukup lama, ini juga harus diwaspadai. Ini merupakan salah satu indikasi Anda kemungkinan terkena endometriosis. Apakah hanya dua hal itu saja? Tidak, masih ada beberapa indikasi lain yang mungkin saja menunjukkan Anda terkena endometriosis.

Endometriosis ini juga bisa diindikasikan jika Anda sering mengalami menstruasi yang tidak teratur. Memang pada dasarnya, saat Anda merasa ada gangguan dalam menstruasi Anda, artinya Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Untuk tahap awal, akan baik jika Anda melakukan tes papsmear. Dengan melakukan tes papsmear, dokter akan mendapati  jika ada hal – hal yang mungkin mengganggu di rahim Anda, seperti kemungkinan terjadi radang di daerah vagina atau juga kemungkinan adanya gangguan lain di dalam rahim misalnya kanker, dan juga adanya pertumbuhan sel yang tidak pada tempatnya, seperti endometriosis.

Jika seorang wanita didiagnosa terkena endometriosis, apa saja yang akan terjadi?

Seorang wanita yang terkena endometriosis akan sangat sulit untuk mendapatkan keturunan, jadi mandul. Dan memang ini bisa saja terjadi pada siapa pun, Anda, teman – teman Anda, saudara atau sahabat bahkan keluarga Anda. Seseorang yang terkena endometriosis akan sulit mendapatkan keturunan karena sel sperma tidak bisa masuk dan bertemu sel telur karena terhalang pertumbuhan yang tidak pada tempatnya ini.
Dengan memahami pengertian endometriosis, tentu kita juga akan lebih waspada dalam menjaga kesehatan area kewanitaan Anda. Seorang wanita memang riskan terkena berbagai gangguan di area kewanitaan dan rahimnya. Hal ini juga dikarenakan daerah kewanitaan sehari – hari sering kali lembab. Dan kondisi lembab ini sering memungkinkan munculnya jamur atau juga berkembang biaknya jamur hingga ke dalam vagina yang jika tidak langsung ditangani bisa mengarah ke berbagai gangguan. Menggunakan toilet umum juga sangat beresiko bagi wanita, karena sangat mungkin tertular penyakit orang lain yang sebelumnya juga menggunakan toilet tersebut. Kondisi area kewanitaan yang lembab dan juga dalam tentu membuat seorang wanita harus sadar bahwa menjaga kesehatan area vagina dan memeriksakan kesehatan kewanitaan dan rahim tentu sangat penting.

Lakukan papsmear secara rutin minimal satu kali dalam satu tahun, dan selain itu juga ada beberapa hal yang harus dihindari. Sebagai contoh adalah membersihkan daerah kewanitaan dengan tisu yang ternyata tidak baik. Ini tidak baik karena selain tidak cukup mampu menghilangkan kotoran yang melekat di area kewanitaan, juga dapat menyebabkan iritasi. Iritasi yang terus dibiarkan akan mengakibatkan terjadinya peradangan di dalam vagina. Dan tentu untuk mengatasi hal ini sebaiknya jangan asal menggunakan sabun pembersih kewanitaan yang walaupun ditawarkan dengan kadar asam basa yang sesuai dengan pH di area kewanitaan. Yang terbaik tetaplah segera memeriksakan diri ke dokter.

Jika Anda mendapati saudara Anda, keluarga atau bahkan Anda terkena endometriosis, untuk mendapatkan keturunan yang bisa diusahakan adalah dengan melakukan program bayi tabung. Program inseminasi buatan tidak dimungkinkan karena yang terjadi adalah jalannya menuju sel telur yang terhalang. Untuk operasi bisa juga dicoba namun belum tentu setelah operasi akan dijamin langsung mendapatkan keturunan, karena harus diatur juga kondisi hormon dan juga kondisi fisik dan batin juga harus disiapkan. Yang lebih penting lagi tentu adalah dukungan dari keluarga untuk tetap tenang menjalani semua program yang disarankan dokter.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.