Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Pengaruh SQ dan EQ Pada Pendidikan Sekolah Anak

Apa Pengaruh SQ dan EQ Pada Pendidikan Sekolah Anak? Intelektual Question atau IQ adalah bagian terpenting dari seorang individu, namun selain itu ada aspek lain yang juga penting dalam menentukan kemampuan seorang individu untuk menjalankan kehidupan yang berkualitas yaitu SQ dan EQ. Intelektualitas membantu seorang individu dalam menganalisis suatu masalah, membuat pertimbangan secara rasional serta melakukannya secara maksimal. Intelektual sering kali dijadikan pertimbangan dalam perencanaan program pembelajaran. Namun sekarang ini berbagai kajian membuktikan bahwa IQ, EQ dan SQ tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Sementara kebanyakan kita sangat mengunggulkan IQ dalam menentukan tingkat keberhasilan seorang, semakin banyak pula yang membuktikan peran SQ dan EQ tidak kalah penting sehingga perlu diterapkan dalam program sekolah anak.

Definisi SQ dan EQ

EQ atau Emotional Question merupakan bagian yang menjadi identitas kepribadian seseorang. Emosional yang tertata dan terjaga dengan baik akan memunculkan pribadi yang baik serta berkualitas pula. Sehingga dalam proses belajar mengajar dan pendidikan sekolah anak, emosional peserta didik sangat menentukan tingkat pencapaian berbagai tujuan yang telah ditetapkan. Kecerdasan Emosional (EQ) Kecerdasan emosional merupakan  sebuah kemampuan untuk “mendengar” kata hati dan bisikan emosi, dan menjadikannya sumber informasi yang begitu penting untuk memahami diri sendiri dan orang lain demi mencapai sebuah tujuan. SQ atau Spiritual Question adalah bagian terluar dari seorang individu. Spiritual biasanya dikaitkan dengan nilai-nilai agama dan atau kepercayaan. Agama dan kepercayaan juga merupakan faktor penentu pelaksanaan program pendidikan di sekolah, karena setiap manusia memiliki kodrat untuk meyakini sebuah agama.

Pengaruh SQ Dan EQ Pada Pendidikan Sekolah Anak

Selain pengaruh IQ, Pengaruh SQ Dan EQ Pada Pendidikan Sekolah Anak sangat menentukan dan berkaitan satu sama lain walaupun ketiganya terlihat berbeda. Sebagai contoh bukanlah sesuatu yang jarang ditemui terdapat tidak sedikit ilmuwan yang sebenarnya memiliki pemikiran yang brilian, namun terhambat dalam pengendalian emosinya sehingga bahkan sering menderita gangguan kejiwaan. Contoh yang lebih jelas adalah terdapat cukup banyak ilmuwan yang tidak tahu atau mengenal agama, sehingga ilmu yang dimilikinya kemudian digunakan untuk hal-hal yang tidak semestinya atau melanggar nilai yang berlaku.

Penerapan IQ, SQ dan EQ saat ini menjadi tantangan tersendiri terutama menentukan hubungan antara ketiganya dalam mengoptimalkan proses pembelajaran. Kebanyakan orang berasumsi bahwa dengan IQ tinggi saja seseorang dapat meraih masa depan yang gemilang dalam hidupnya. Sayangnya bahkan di negara kita sistem pendidikan yang ada kebanyakan masih memandang bahwa IQ adalah modal dasar siswa atau mahasiswa dalam meraih keberhasilan dalam hidupnya. Namun dengan adanya berbagai studi yang telah membuktikan besarnya Pengaruh SQ Dan EQ Pada Pendidikan Sekolah Anak maka sebaiknya para orang tua perlu mempertimbangkan sekolah yang mampu memberikan porsi pengajaran yang sama terhadap aspek IQ, SQ dan EQ.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.