Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Pengaruh Puasa Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Ada beragam pengaruh puasa bagi penderita diabetes yang harus diketahui agar penderita diabetes tetap dapat menjalankan ibadah puasa dengan aman. Pengaruh puasa bagi penderita diabetes antara lain adalah membantu mengubah sekresi hormon pada penderita diabetes, menstabilkan kadar gula darah, mengatur kenaikan glukosa dan insulin, dan lain-lain.

Berikut adalah pembahasan mengenai pengaruh puasa bagi penderita diabetes serta manfaatnya untuk kesehatan, terutama untuk penderita diabetes tipe 2 yang biasanya masih dibolehkan untuk berpuasa, tentu saja dengan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Manfaat Dan Pengaruh Puasa Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa salah satu pengaruh puasa bagi penderita diabetes tipe 2 adalah membantu untuk membuat kadar glukosa dalam darah menjadi lebih stabil serta membantu untuk mengatur peningkatan kadar glukosa dan insulin dalam tubuh. Peningkatan glukosa dan insulin, atau lebih dikenal dengan peningkatan HGH (Human Growth Hormone), dalam tubuh penderita diabetes tipe 2 yang terjadi selama berpuasa memiliki pengaruh yang sangat baik karena peningkatan tersebut dapat menurunkan resistensi insulin. Hal tersebut dapat mengurangi resiko diabetes hingga 50%.

Manfaat dan pengaruh puasa bagi penderita diabetes tipe 2 lainnya adalah berkurangnya resiko peningkatan kadar kolesterol serta terkontrolnya retensi insulin. Pada saat berpuasa, tubuh tetap bekerja membakar lemak. Selama berpuasa, tubuh tidak terlalu banyak menggunakan glukosa sebagai sumber energi namun tetap menggunakan sebagian dari cadangan lemak tubuh sebagai bahan bakar. Penggunaan lemak sebagai bahan bakar inilah yang kemudian memberikan pengaruh puasa bagi penderita diabetes dengan cara menurunkan kadar lemak tubuh dan mengurangi resiko peningkatan kadar kolesterol dan mengontrol resistensi insulin serta resiko diabetes. Seperti diketahui bahwa penderita diabetes juga memiliki resiko menderita penyakit jantung, namun dengan menurunnya kadar kolesterol dalam darah karena pengaruh puasa bagi penderita diabetes, maka penderita diabetes dapat terhindar dari resiko penyakit jantung.

Pengaruh Puasa Secara Psikis Bagi Penderita Diabetes

Penderita diabetes tipe 2 biasanya masih dalam kondisi aman untuk menjalankan ibadah puasa. Mereka biasanya tidak mengalami pengaruh puasa bagi penderita diabetes secara signifikan, sebab pada saat berpuasa atau tidak, tidak terjadi perbedaan yang terlalu jelas pada peningkatan protein gula dan protein glikosilat serta kadar hemoglobin glikosilat. Dalam banyak kasus, penderita diabetes tipe 2 yang menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh, kadar gula darah dalam tubuhnya menjadi lebih stabil. Tentu saja hal tersebut memperlihatkan positifnya pengaruh puasa bagi penderita diabetes secara fisik, akan tetapi selalu lebih baik jika penderita diabetes berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengingat bahwa kondisi diabetes setiap orang mungkin berbeda-beda.

Di samping pengaruh puasa bagi penderita diabetes secara fisik, ada pula pengaruh puasa bagi penderita diabetes secara psikis. Seperti yang telah lama diketahui, stres merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami penyakit diabetes. Berpuasa diketahui dapat mengurangi stres yang timbul akibat akumulasi emosi. Selain itu, berpuasa juga diketahui dapat menjaga fungsi hormon bekerja secara normal.

Pengaruh puasa bagi penderita diabetes sangat baik, namun penderita diabetes tetap dianjurkan agar berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan minuman saat sahur maupun berbuka. Pastikan makanan yang dikonsumsi memiliki nutrisi yang tepat dan seimbang. Mengingat bahwa menu berbuka puasa biasanya cenderung manis dan mengandung banyak karbohidrat dan lemak, pastikan penderita diabetes tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Sebaiknya, memilih makanan berbuka yang memiliki kandungan gula alami  seperti kurma dan madu serta buah-buahan ketimbang makanan yang terbuat dari tepung-tepungan atau digoreng. Konsultasikan mengenai pengaruh puasa bagi penderita diabetes dengan dokter agar penderita diabetes dapat menjalankan ibadah puasa dengan aman dan sehat tanpa terjadi hal-hal yang dapat menganggu kesehatan dan ibadah puasa itu sendiri.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.