Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Pengaruh Kosmetik untuk Kesehatan Wajah dan Tubuh

Kosmetik bagi wanita merupakan penyempurna penampilan mereka. Wajah menjadi lebih cantik, bibir menjadi lebih seksi, badan menjadi lebih wangi. Akan tetapi, yang tidak disadari oleh banyak wanita adalah pengaruh kosmetik untuk kesehatan wajah dan tubuh. Lho, kok, bagaimana bisa? Ini semua dikarenakan kandungan dalam kosmetik yang bisa membahayakan kesehatan tubuh dan wajah.

Gangguan kesehatan yang dapat timbul karena penggunaan kosmetik yang salah antara lain:

  • Alergi merupakan salah satu pengaruh kosmetik untuk kesehatan wajah dan tubuh. Alergi ini bisa ditandai dengan munculnya bintil merah pada kulit, baik yang gatal ataupun yang tidak, hingga kulit yang kering atau bahkan memerah. Alergi ini bisa disebabkan oleh produk perawatan wajah dan kulit, dan juga oleh parfum. Kandungan paraben pada produk kosmetik dapat mengakibatkan munculnya alergi.
  • Jerawat merupakan pengaruh yang kerap muncul. Jerawat bisa muncul karena kosmetik menyumbat pori-pori, bahkan setelah dibersihkan pun kosmetik bisa tetap tinggal di pori-pori. Kosmetik ini akan bergabung dengan debu dan kotoran yang ada pada wajah sehingga akhirnya muncul jerawat dan komedo. Produk kosmetik yang berupa krim biasanya paling berpengaruh dalam menimbulkan jerawat.
  • Kanker bisa jadi merupakan efek yang paling berbahaya dari penggunaan kosmetik. Biasanya efek ini muncul dalam jangka panjang sehingga tidak akan muncul dalam waktu dekat setelah produk digunakan. Salah satu kandungan yang berhubungan dengan munculnya kanker adalah triclosan yang biasanya terdapat pada sabun, deodorant, atau obat jerawat.

Selain tiga jenis gangguan kesehatan tadi, kosmetik juga bisa berpengaruh pada kesehatan beberapa organ tubuh lainnya. Contohnya pengunaan phthalates pada produk kulit atau cat kuku. Berdasarkan sebuah penelitian, kandungan kosmetik ini tidak hanya dapat memengaruhi sistem reproduksi dan tiroid. Akan tetapi, juga dapat berisiko menimbulkan diabetes dan penyakit asma.

Kecantikan memang penting, namun bila dibandingkan dengan pengaruh kosmetik untuk kesehatan wajah dan tubuh, rasanya kecantikan itu menjadi tidak berarti. Maka, berhati-hatilah dalam memilih produk kosmetik Anda. Selain itu, selalu bersihkan wajah setelah Anda selesai menggunakan kosmetik dan ketahuilah cara penggunaan kosmetik yang tepat.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.