Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Penderita Asam Urat Harus Selektif Memilih Jenis Minuman

Kewaspadaan penderita asam urat selama ini lebih tertuju pada jenis makanan mana yang harus dipantang, boleh dikonsumsi terbatas ataupun yang boleh dikonsumsi secara leluasa.  Padahal itu belum cukup, jenis minuman yang dipilih  hendaknya menjadi perhatian juga agar pola menu sehari-hari benar-benar mendukung terapi penyembuhan penyakit asam urat.

Manfaat Asupan Minuman untuk Penderita Asam Urat

Asupan cairan dalam jumlah yang cukup ke dalam tubuh penderita asam urat sangat efektif untuk mengurangi konsentrasi asam urat yang dibuang melalui air seni dan melumasi persendian.  Jika penumpukan asam urat di dalam darah diabaikan secara berlarut-larut akan menstimulasi terjadinya pengendapan dalam ginjal.  Hal ini adalah tahap awal terbentuknya batu ginjal.

Jenis Minuman yang Aman untuk Penderita Asam Urat

  1. Air putih matang.  Dibiasakan minum 3 liter sehari yang merupakan terapi dasar untuk penyembuhan.  Ada tips yang baik dilakukan oleh penderita yaitu pada pagi hari segera setelah bangun tidur, minum 1.5 liter atau 6 gelas air putih.  Lebih efektif jika berupa air putih hangat.  Sesudahnya puasa selama 1 jam.
  2. Teh, kopi dan coklat.  Ketiga bahan minuman ini mengandung komponen purin berupa theophyline, kafein dan theobromin.  Ketiganya diolah di dalam tubuh menjadi metil urat yang tidak meningkatkan kadar asam urat di dalam darah.
  3. Susu Kedelai.  Kandungan isoflavon dalam susu kedelai yang dikonsumsi dengan rutin dapat menstimulasi perbaikan jaringan sendi dan matriks tulang
  4. Susu Sapi Rendah Lemak.  Terungkap bahwa konsumsi 5 gelas sehari dapat menurunkan resiko serangan gout sampai 43 %
  5. Madu.  Hingga kini para ahli telah mengakui manfaat madu yang efektif untuk penyembuhan tanpa efek samping tetapi mereka belum dapat menemukan kandungan berkhasiat apa yang merupakan zat aktif madu.  Konsumsi 2 sendok madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis yang diseduh 1 cangkir air panas dua kali sehari pagi dan malam, dipercaya dapat mengatasi keluhan pegal dan nyeri penderita asam urat.
  6. Kandungan air di dalam buah-buahan.  Banyak jenis-jenis buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita sebagai pendamping terapi penyembuhan yaitu :
    • Sirsak : lebih baik dimakan langsung buahnya tanpa dibuat jus.  Buah sirsak mengandung antioksidan yang menghambat produksi enzim xantin oksidase sehingga pembentukan asam urat berkurang.
    • Jus jambu biji atau mangga: diminum satu gelas, dua jam setelah makan
    • Jus jeruk keprok, atau jeruk nipis atau lemon atau melon, diminum dua gelas dua kali sehari setelah makan
    • Jus pepaya atau pisang,  diminum segelas sekali sehari
    • Jus tomat,  diminum segelas sehari, tiga jam setelah makan siang
  7. Minuman Herbal sebagai pendamping terapi penyembuhan yaitu :
    • Minuman lidah buaya karena mengandung zat anti radang
    • Jamu temulawak karena mengandung zat anti inflamasi (peradangan) dan penghilang rasa nyeri (analgesik)
    • Jamu jahe merah karena mengandung zat anti radang
    • Rebusan daun salam yang rutin dikonsumsi pagi dan sore setiap hari dipercaya dapat meringankan rasa nyeri

Konsumsi jenis-jenis minuman di atas sebaiknya dibuat tanpa penambahan gula karena konsumsi karbohidrat sederhana sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan pembentukan asam urat.

Jenis Minuman Pantangan Penderita Asam Urat

  1. Minuman/makanan beralkohol seperti bir, wiski, tuak, anggur,  tape berupa peuyeum yang diolah, dipakai sebagai campuran minuman maupun dimakan langsung, tape ketan dan duren yang dimakan langsung ataupun dipakai sebagai campuran minuman maupun diolah serta brem.  Asupan alkohol dapat meningkatkan asam laktat di dalam plasma.  Akibatnya pengeluaran asam urat dari dalam tubuh menjadi terhambat. Selain itu, konsumsi alkohol dapat menyebabkan dehidrasi.  Kedua pengaruh ini memiliki peranan pada pengendapan kristal asam urat pada sendi.
  2. Minuman soda karena minuman ini diberi pemanis fruktosa.  Fruktosa dapat menghambat pembuangan asam urat.

Ternyata banyak jenis minuman di sekitar kita yang tidak saja enak untuk dinikmati di kala haus maupun santai tetapi juga dapat bermanfaat sebagai pendamping terapi penyembuhan penyakit asam urat.  Tidak ada alasan bagi penderita asam urat untuk berkecil hati.  Pengaturan pola makan dan minum yang selektif dan pengobatan yang dilakukan secara disiplin menjadi langkah sinergis agar penyakit asam urat cepat sembuh.

 

Sumber :

  1. http://majalahkesehatan.com/minuman-ringan-meningkatkan-risiko-penyakit-asam-urat/
  2. Mulyanto, D. 2012. Panjang Umur Dengan Kontrol Kolestrol Dan Asam Urat.  Cahya Atma Pustaka. Yogyakarta
  3. Setiabudi, H. 2012. Deteksi Dini, Pencegahan, dan Pengobatan Asam Urat. MedPress. Yogyakarta
  4. Krisnatuti, D. dkk. 2000. Perencanaan Menu untuk Penderita Gangguan Asam Urat. Penebar Swadaya. Jakarta.
  5. Shabella, R. 2012. Menu Sehat dan Lezat untuk Penderita Diabetes, Asam Urat, Kanker, Kolestrol dan Jantung. Abata Press.  Klaten.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.