Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Pelajaran Tentang HIV Perlu Di Terapkan Di Sekolah

Tak bisa dipungkiri, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang semua hal yang berkaitan dengan HIV/AIDS menyebabkan banyaknya diskriminasi  terhadap pengidap HIV/AIDS. Untuk itu, pemerintah dan semua pihak harus lebih proaktif  dalam mensosialisasikan tentang informasi HIV/AIDS karena setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk memperoleh kehidupan yang layak.
Sebagai upaya penanggulangan dini terhadap penderita HIV/AIDS, maka beberapa pihak seperti : Kemendiknas, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, dan Komisi Penanggulangan AIDS memutuskan untuk menentukan rentan usia remaja sebagai target utama penanggulangan dini. Hal ini jelas, karena dunia remaja sangat rawan bersinggungan dengan HIV/AIDS.

Wawasan Tentang HIV di Sekolah

Lalu, langkah apakah yang mereka lakukan dalam upaya penanggulangan dini terhadap pengidap HIV/AIDS? Cara yang paling efektif adalah dengan mewajibkan sekolah menengah pertama (SMP) dan SMA untuk menyisipkan wawasan tentang HIV/AIDS dalam beberapa mata pelajaran di sekolah.

Apa sajakah alasan yang membuat pelajaran tentang HIV perlu di terapkan di sekolah?

  1.  Sekolah dapat menjangkau generasi muda dalam jumlah yang besar.
  2.  Sekolah dan guru memiliki peran penting dalam membangun para remaja yang terbebas dari HIV.
  3.  Sekolah memainkan peranan penting dalam membentuk sikap dan perilaku generasi muda, selain itu sekolah  juga   bisa menyediakan sarana lingkungan yang sehat di mana remaja dapat belajar tentang HIV/ AIDS.
  4.  Sekolah menjadi tumpuan respons masyarakat dan sebagai pusat kegiatan masyarakat.
  5.  Sekolah dapat membantu memonitor dampak epidemi.
  6.  Sekolah bisa menjadi rumah penampungan para siswa yang terkena dampak HIV/AIDS

Selain alasan di atas, masih banyak alasan lain yang membuat pelajaran tentang HIV perlu di terapkan di sekolah. Untuk itu, dibutuhkan kerjasama banyak pihak untuk merealisasikannya.
Jika pemerintah mewajibkan pelajaran tentang HIV perlu di terapkan di sekolah,

Hal-hal yang bisa dilakukan sekolah untuk menunjang pemerintahan antara lain :

  1. Masukkan pendidikan tentang HIV dan upaya pencegahannya ke dalam kurikulum muatan lokal atau pelajaran ekstrakurikuler
  2. Meyakinkan penderita maupun orang yang terkena dampak HIV AIDS tetap memiliki rasa percaya diri terhadap masa depannya, misalnya dengan tetap bekerja ataupun bersekolah
  3. Memberikan dukungan moral dan kebutuhan medis bagi penderita HIV
  4. Mengurangi stigma negatif dan diskriminasi terhadap penderita HIV

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.