Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Pedoman Cara Memperkenalkan Puasa Sejak Dini Kepada Anak

Bagaimana  Memperkenalkan Puasa Sejak Dini kepada anak anda? Puasa merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat muslim, di sinilah letak pentingnya memperkenalkan puasa sejak dini, yaitu untuk melatih anak-anak agar terbiasa berpuasa. Puasa memang terlihat ibadah yang berat, apalagi bagi anak-anak, tetapi apabila kita pelajari manfaatnya, kita akan mendapatkan banyak manfaat melebihi pengorbanan kita. Pada intinya puasa merupakan ibadah yang baik dilakukan untuk kesehatan jasmani dan rohani manusia. Khusus bagi anak, memperkenalkan ibadah puasa merupakan hal tidak mudah, berikut ini merupakan pedoman yang dapat anda ikuti agar dapat memperkenalkan ibadah puasa pada anak sejak dini.

Pedoman #1: Usia Yang Tepat Untuk Memperkenalkan puasa

Ada banyak pertimbangan dalam memperkenalkan puasa pada anak, salah satunya adalah umur. Pada umumnya anak diperkenalkan untuk berpuasa pada usia 7 tahun. Akan tetapi di dalam menentukan usia mulai diperkenalkannya puasa orangtua juga harus mempertimbangkan faktor lain seperti kondisi fisik anak dan keperluan energi untuk aktivitas sehari penuh. Jika secara kondisi fisik anak belum mampu berpuasa, sebaiknya anda tidak terlalu memaksakannya, tundalah memperkenalkan ibadah puasa sampai kondisi fisik anak siap. Untuk mencapai hal ini anda harus mengontrol kesehatan fisik anda.

Pedoman #2: Pedoman Memberikan Pengertian Kepada Anak Agar Mau Berpuasa

Hal inilah yang mungkin agak sulit untuk dilakukan pada saat memperkenalkan puasa sejak dini pada anak, orangtua harus menyampaikan maksud ini dengan cara yang khusus sehingga anak tidak akan merasa terbeban dan tertekan. Hal yang paling inti yang harus dipastikan oleh orangtua adalah anak harus mengetahui alasan mengapa ia harus berpuasa, untuk itu jelaskanlah puasa itu apa? Mengapa anak harus berpuasa? Dan apa gunanya puasa?. Sampaikanlah materi tersebut dengan bahasa yang sesuai dengan umur mereka dan dengan cara yang menarik.

Pedoman #3: Menyikapi Anak Yang Merengek Berbuka Sebelum Waktunya

Jika anak anda merengek meminta berbuka sebelum waktunya, anda tidak perlu langsung kecewa atau marah. Lihatlah keadaan anak anda apakah ia benar-benar terlihat kurang sehat atau sehat. Jika anak anda merasa lemas anda harus menyuruh anak anda untuk berbuka lebih awal. Jika anda yakin bahwa anak anda masih kuat untuk terus berpuasa berilah ia semangat dan berilah hadiah jika ia sanggup untuk berpuasa sebulan penuh.

Dengan panduan yang singkat dan praktis ini, memperkenalkan puasa sejak dini pada anak merupakan hal yang tidak sulit untuk dilakukan.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.