Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Pantangan Makanan Penderita Asam Urat

Pantangan makanan penderita asam urat memang banyak. Namun, ini harus dipatuhi bagi orang yang memang sudah teridentifikasi terkena penyakit asam urat. Jika melanggar sedikit saja, maka rasa sakit pada pergelangan kaki, lutut dan tangan dapat menghampiri. Walaupun kebanyakan makanan pantangan memiliki rasa yang enak, namun semua itu hanya akan menjadi penyakit bila terus memaksakan diri untuk mengkonsumsinya. Lalu, apa sajakah makanan yang harus dihindari agar tidak terkena penyakit asam urat?

 

Menghindari Makanan Tinggi Purin

Melakukan pembatasan makanan yang mengandung zat purin, sangat bijaksana karena ini dapat membantu menghindarkan diri dari penyakit asam urat. Jika zat purin didalam darah meningkat maka ini dapat mengakibatkan terjadinya pengendapan pada bagian sendi tubuh. Jika dalam kondisi normal, zat purin ini dapat dikeluarkan melalui keringat dan air seni. Namun, karena fungsi pengeluarannya terganggu, maka penyakit asam urat ini pun dapat kambuh seketika. Makanan yang mengandung zat purin dan harus dihindari adalah jeroan, hati, daging merah, ikan teri, otak, makanan yang diawetkan, usus, paru, melinjo, emping, ikan sarden dan lain sebagainya. Selain itu, pantangan makanan penderita asam urat yang juga harus dihindari adalah makanan yang mengandung karbohidrat sederhana yaitu fruktosa dalam bentuk sirup, permen, dan gula karena dapat meningkatkan kadar zat purin dalam darah. Untuk mencegah naiknya kadar zat purin, penderita penyakit asam urat juga harus melakukan diet rendah protein karena protein ini dapat meningkatkan asam urat terutama yang berasal dari protein hewani.

 

Mengontrol Makanan Agar Terhindar Dari Penyakit Asam Urat

Hal lain yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk terhindar dari penyakit asam urat adalah dengan membatasi konsumsi lemak. Hal ini karena lemak dapat menghambat dan melambatkan ekskresi asam urat melalui air seni. Penderita juga harus menghindari makanan yang digoreng, makanan yang diolah dengan mentega, santan dan margarin. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari naiknya kadar zat purin didalam darah. Bukan hanya itu, untuk menghindari kambuhnya penyakit asam urat, perlu juga untuk menghindari buah yang dapat memicu naiknya zat purin seperti durian, nanas, tape, dan brem karena semua itu dapat meningkatkan kadar asam laktat sehingga dapat menghambat pengeluaran zat purin dari dalam tubuh. Jadi, agar terhindar dari penyakit ini,  maka haruslah memperhatikan pantangan makanan penderita asam urat.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.