Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Panduan Makanan Bagi Penderita Asam Urat

Asam urat adalah hasil dari metabolisme purin di dalam tubuh. Dalam keadaan normal, asam urat dikeluarkan dari dalam tubuh oleh ginjal. Jika kristal asam urat dalam jumlah berlebih di dalam tubuh dan tidak dapat di keluarkan oleh ginjal, maka akan tersimpan dan menumpuk dalam sendi seseorang, hal ini dapat menyebabkan peradangan pada sendi. Tingginya kadar asam urat biasanya akan memperparah penyakit asam urat, sementara obesitas, masalah ginjal, dan penggunaan diuretik atau obat imunosupresan adalah faktor penyebab meningkatnya konsentrasi asam urat dalam tubuh, kebiasaan makan juga dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat. Biasanya, purin yang terkandung dalam makanan, dapat membentuk asam urat selama proses pencernaan. Jadi, konsumsi berlebihan makanan kaya purin secara alami akan menyebabkan tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Berikut adalah daftar makanan yang mengandung asam urat.

Daging

Semua produk daging dan daging organ (jantung, hati, ginjal, otak dan limpa) memiliki tingkat tertinggi kandungan purin dan karena itu merupakan penyebab utama dari gangguan yang disebabkan oleh kadar asam urat tinggi.

Ragi

Makanan yang mengandung ragi seperti roti, bir dan alkohol mengandung banyak asam urat. Alkohol, khususnya, dikenal untuk menghambat proses ekskresi ginjal sehingga menghasilkan kadar asam urat tinggi dalam tubuh.

Sayuran

Sayuran seperti asparagus, kembang kol, jamur, terong, wortel, kentang, kacang polong dan bayam juga makanan yang mengandung purin dalam jumlah sedang sekitar 9-110 mg purin dalam 100 g makanan. Dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan seperti miju-miju (sejenis tanaman kacang polong), buncis dan kacang kering dalam jumlah yang tidak tertalu banyak untuk mengontrol kadar asam urat.

Kafein

Kafein banyak ditemukan dalam kopi, teh, kacang dan daun tanaman dan dikenal untuk meningkatkan kadar asam urat. Konsumsi berlebihan minuman berkafein dapat memperburuk kondisi seperti gout (peradangan akibat endapan Kristal asam urat pada sendi) itu sebabnya orang dengan kadar asam urat tinggi harus beralih ke kopi tanpa kafein untuk mengurangi kadar asam urat. Theobromine, yang merupakan kimia yang ditemukan dalam tanaman kakao yang digunakan untuk membuat coklat, juga mengandung kadar asam urat tinggi.

Untuk menghindari makanan dengan kadar asam urat tinggi, diet harus dilakukan untuk menghilangkan semua makanan purin tinggi dan bukan termasuk makanan dengan jumlah yang sedang sampai rendah purin. Makan banyak buah-buahan mentah yang memiliki kandungan air yang tinggi juga diketahui bermanfaat untuk mengurangi kadar asam urat.  Efek dari makanan dengan kadar asam urat tinggi tergantung pada penyerapan langsung melalui saluran pencernaan. Selain makanan berkadar asam urat tinggi, banyak faktor lain yang mempengaruhi risiko serangan gout. Ahli gizi umumnya mengukur makanan yang mengandung asam urat tinggi dengan mengukur kandungan purin total makanan. Berikut informasi panduan kadar asam urat pada makanan.

Makanan Purin (mg/100g Asam Urat)
Theobromine 2300
Jamur, cendawan yang dapat dimakan, dikeringkan 488
ikan sarden dalam minyak 480
Limpa, 343
Ikan tuna dalam minyak 290
Ikan tuna 257
Hati ayam 243
Ikan Teri 239
Daging kuda 200
Kedelai kering 190
Ikan salmon 170
Ikan makarel 145
Biji bunga matahari, kering 143
Bebek, rata-rata 138
Daging  kelinci, rata-rata dengan tulang 132
Ayam (ayam untuk dipanggang), rata-rata 115
Sapi, fillet 110
Daging sapi, daging sapi panggang, sirloin 110
Sapi, bahu 110
Ikan, Cod 109
Kacang tanah 79
Jamur 58
Peterseli, daun 57
Gandum butir, seluruh 51
Tiram, jamur 50
Bir, bebas alkohol 8.1
Keju, Edam, kandungan lemak 30% bahan kering 7,1
Keju, Edam, kandungan lemak 40% bahan kering 7,1
Keju, Edam, kandungan lemak 45% bahan kering 7,1
Cherry, manis 7.1

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.