Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Pahami Hubungan Hormon Insulin Dengan Diabetes

Hubungan antara hormon insulin dengan diabetes sangatlah erat. Bagi penderita diabetes mungkin sudah familiar dengan hormon insulin. Hormone insulin adalah salah satu hormon yang dibutuhkan oleh tubuh. Hormon insulin berguna membantu organ tubuh menyerap gula yang kemudian diolah untuk sumber energi. Penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang tinggi melebihi batas normal, untuk itu penderita diabetes memerlukan banyak insulin. Sebenarnya apakah kaitannya hormon insulin dengan diabetes? Untuk lebih mengenal hubungan antara hormon insulin dengan diabetes ikutilah keterangan berikut ini mengenai fungsi hormon insulin dan apa yang terjadi jika tubuh kekurangan hormon insulin.

Fungsi Hormon Insulin

Tubuh kita memerlukan energi untuk beraktivitas, makanan merupakan sumber energi tubuh. Makanan yang kita makan selanjutnya akan diolah oleh tubuh, dalam hal ini hati. Hati mengolah makan dalam darah menjadi salah satunya gula darah. Gula darah ini ada yang disimpan dan ada yang digunakan. Nah, insulinlah yang kemudian berperan untuk mengolah gula darah menjadi zat yang mudah diserap oleh tubuh. Jika gula darah digunakan, insulin akan menurunkan gula darah melalui tiga cara: meningkatkan jumlah gula dalam hati dengan merubahnya menjadi glikogen, merangsang sel tubuh agar menyerap gula dalam jumlah yang banyak, dan mencegah hati agar tidak mengeluarkan banyak gula.

Hubungan Hormon Insulin dengan Diabetes

Hubungan hormon insulin dengan diabetes dapat dijelaskan dalam uraian berikut: Kita tahu bahwa insulin berperan penting dalam mengolah gula darah menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika darah dalam tubuh kita mengandung kadar gula yang tinggi, kita mengalami diabetes. Jika tubuh menderita diabetes, tubuh akan memiliki masalah dalam merespon dan memproduksi insulin. Gula darah yang tinggi merangsang pankreas untuk menghasilkan insulin dalam jumlah yang tinggi. Jika hal ini berlangsung lama akan terjadi resistensi insulin, yaitu menurunnya kerja pankreas dalam menghasilkan insulin. Hal ini mengacu terjadinya diabetes melitus tipe 2.

Kesimpulannya, hubungan antara hormon insulin dengan diabetes sangatlah erat dan kompleks. Penderita diabetes memerlukan banyak insulin untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Diabetes yang akut juga dapat menurunkan fungsi pankreas untuk merespon dan menghasilkan insulin untuk tubuh. Dari hal ini kita dapat belajar bahwa kita harus senantiasa menjaga kesehatan tubuh agar fungsi organ dan hormon dapat berjalan dengan normal. Hal ini dapat kita awali dengan memahami hubungan hormon insulin dengan diabetes.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.